Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menkeu Sri Mulyani. Foto: Investor Daily/Primus Dorimulu

Menkeu Sri Mulyani. Foto: Investor Daily/Primus Dorimulu

UU APBN 2020 Disahkan, Pemerintah Fokus Lima Prioritas.

Triyan Pangastuti, Rabu, 25 September 2019 | 01:20 WIB

JAKARTA- Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI resmi mengesahkan Undang-Undang (UU) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020, dalam sidang paripurna ke 10, Selasa (24/9).

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa APBN 2020 didorong untuk mendukung pencapaian prioritas  pembangunan nasional dengan fokus untuk memperkuat daya saing perekonomian dan industri melalui inovasi dan penguatan kualitas Sumebr Daya Manusia (SDM).

“Karena itu, dirasakan perlu untuk terus menjaga momentum penguatan daya saing menuju Indonesia maju, mandiri, makmur, dan adil serta menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia sesuai visi 2045,” kata Sri Mulyani dalam Rapat Paripurna di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/9).

Sri Mulyani menyampaikan lima fokus utama kebijakan anggaran untuk tahun depan. Pertama, peningkatan kualitas SDM dan perlindungan sosial dalam rangka memperkuat modal dasar manusia untuk menghadapi revolusi industri 4.0 dan teknologi digital.

Program penguatan bantuan pendidikan dan pelatihan dilanjutkan, terutama melalui perluasan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah serta Kartu Pra Kerja. Juga didukung dengan pemenuhan kebutuhan pangan melalui kartu sembako.

Kedua, pemerintah akan melakukan pengembangan infrastruktur untuk memacu pertumbuhan ekonomi nasional dalam jangka menengah panjang, serta penyerapan tenaga kerja dan pengurangan pengangguran.

“Ketiga, pemberian insentif perpajakan dalam rangka mendukung peningkatan SDM dan daya saing untuk kegiatan vokasi dan lkitbang, serta industri padat karya,” lanjut Sri Mulyani.

Keempat, penguatan transfer ke daerah dan dana desa untuk pemerataan pembangunan, termasuk penyerapan tenaga kerja.

Terakhir, kelima, Sri Mulyani menyampaikan peran APBN 2020 akan berfokus pada penguatan dana abadi di bidang pendidikan untuk meningkatkan SDM, pemajuan kebudayaan nasional, pengembangan riset nasional.  

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA