Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Jusuf Kalla. Foto: IST

Jusuf Kalla. Foto: IST

Wapres JK: Laut Jadi Sumber Daya Penghidupan Masyarakat

Gora Kunjana, Selasa, 8 Oktober 2019 | 14:21 WIB

JAKARTA, investor.id - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla mengatakan bahwa tema kelautan sangat penting sebab hampir 80% Indonesia terdiri dari laut dan menjadi sumber daya penghidupan bagi masyarakat.

Wapres mengatakan hal itu menanggapi tema kelautan yang diangkat oleh SDGs Annual Conference 2019 di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa.

“Kenapa laut sangat penting? Luas negeri kita ini hampir 80% terdiri dari lautan dan mempunyai fungsi yang bermacam-macam sehingga tentunya harus dijaga,” katanya saat menghadiri konferensi, seperti dilansir Antara.

Konferensi SDG's yang digelar Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), selaku koordinator pelaksanaan program pencapaian pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) mengangkat tema “Sustainable Ocean for Improving Prosperity and Reducing Inequality” karena isu tersebut tidak hanya menjadi masalah bagi Indonesia namun sudah secara global.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam sambutannya menyampaikan bahwa Indonesia telah bekerja keras mewujudkan komitmen pelaksanaan pencapaian SDGs sebagai bagian dari upaya pencapaian tujuan pembangunan nasional dan global termasuk terhadap isu kelautan.

Selain itu, konferensi ini juga merupakan suatu bentuk upaya dalam mempererat kerja sama di antara semua pihak yang terlibat dalam upaya pencapaian target SDGs di Indonesia sehingga diharapkan mampu merumuskan masukkan bagi para perumus kebijakan untuk target tersebut.

“Memberikan masukkan kepada para perumus kebijakan dalam melaksanakan program pembangunan secara lebih baik dalam mencapai target SDGs 2030,” katanya.

Sebelumnya sebagai pembuka konferensi ini, Bappenas juga mengadakan Festival SDGs 2019 pada 5 hingga 6 Oktober lalu di Fountain Area Plaza Senayan, Jakarta, dengan merangkul generasi milenial untuk berpartisipasi pada acara yang mengusung tema “Sustainable Life for Our Ocean” tersebut.

“Untuk mengedukasi tentang hal-hal penting dalam menjaga ekosistem kelautan, mulai dari pelestarian biota laut, pemberdayaan masyarakat pesisir, pengembangan pariwisata, hingga pengelolaan sampah laut,” katanya pada Sabtu (5/10) di Jakarta.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA