Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero)

Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero)

KBI Resmi Menuju Digital Corporation

Kamis, 9 September 2021 | 09:52 WIB
Tri Murti

JAKARTA, investor.id-PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) atau KBI secara resmi melakukan transformasi menuju digital corporation. Hal ini ditandai dengan meluncurkan mascot korporasi yaitu Robi, sebuah mascot yang memvisualisasikan perubahan KBI menjadi digital corporation.

“Dengan transformasi ini, ke depan KBI akan berubah dari perusahaan kliring yang menggunakan teknologi digital, menjadi perusahaan digital yang memiliki lisensi kliring,” kata Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Fajar Wibhiyadi di sela perayaan HUT ke-37 korporasi ini seperti dikutip dalam keterangan resminya, Kamis (9/9).

Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Fajar Wibhiyadi menyaksikan Komisaris Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Sutriono Edi bersama Direktur PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Agung Rihayanto memotong tumpeng saat acara puncak HUT KBI ke -37 tahun dengan tema One Team One Dream secara Zoom Cloud Meeting pada Rabu (8/9/2021).  Foto: Beritasatu Photo/Uthan AR
Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Fajar Wibhiyadi menyaksikan Komisaris Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Sutriono Edi bersama Direktur PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Agung Rihayanto memotong tumpeng saat acara puncak HUT KBI ke -37 tahun dengan tema One Team One Dream secara Zoom Cloud Meeting pada Rabu (8/9/2021). Foto: Beritasatu Photo/Uthan AR

Maskot KBI yaitu Robi, merupakan akronim dari Robot KBI, yakni sosok ini menggambarkan korporasi KBI saat ini. Di tengah perubahan di industri 4.0, gelombang digitaliasi, diperlukan proses transformasi korporasi menuju korporasi yang kuat, agile, berteknologi tinggi, dan memiliki akhlak. Robi, adalah mascot KBI, yang menggambarkan KBI sebagai korporasi digital, kuat dalam menghadapi perubahan, dan memiliki DNA AKHLAK, yaitu amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.

Menurut Fajar, dengan transformasi ini, KBI akan mengedepankan aspek teknologi digitalnya dalam menjalankan layanan bisnis.

“Semua sedang dalam proses, dan kami targetkan dalam beberapa waktu kedepan, KBI sudah bisa 100% berubah menjadi digital corporation. Harapan kami, tentunya ke depan dengan adanya transformasi menuju digital corporation ini, akan dapat mendorong kinerja korporasi. Selain itu, dengan transformasi ini juga akan memberikan dampak positif terhadap para pemangku kepentingan. Hal ini karena dari segi layanan akan bisa lebih cepat dan akurat, serta meminimalisasi terjadinya human error, karena semua sudah menggunakan teknologi digital,” papar dia.

Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Fajar Wibhiyadi menyaksikan Komisaris Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Sutriono Edi bersama Direktur PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Agung Rihayanto memotong tumpeng saat acara puncak HUT KBI ke -37 tahun dengan tema One Team One Dream secara Zoom Cloud Meeting pada Rabu (8/9/2021).  Foto: Beritasatu Photo/Uthan AR
Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Fajar Wibhiyadi menyaksikan Komisaris Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Sutriono Edi bersama Direktur PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Agung Rihayanto memotong tumpeng saat acara puncak HUT KBI ke -37 tahun dengan tema One Team One Dream secara Zoom Cloud Meeting pada Rabu (8/9/2021). Foto: Beritasatu Photo/Uthan AR

Sebelum melakukan transformasi menuju digital corporation, kinerja KBI bisa dikatakan cukup mengkilap. Dalam lima tahun terakhir, perolehan laba KBI mengalami peningkatan mencapai 941%. Sedangkan dalam hal aset, dalam lima tahun terjadi peningkatan sebesar 169%. Bahkan tahun 2020 saat Indonesia berada di tengah pendemi, KBI mencatatkan pertumbuhan laba bersih sebesar 31,98%, meningkat dari Rp 50,3 miliar pada 2019 menjadi Rp 66,4 miliar.

“Kami proyeksikan, dengan tranformasi ini korporasi akan mengalami peningkatan dari sisi kinerja korporasi. Tantangannya adalah bagaimana melakukan transformasi sumber daya manusianya. Dengan menjadi digital corporation, tentunya semua sumber daya manusia yang ada juga harus bertransformasi, yaitu memiliki digital mindset. Untuk itu, kami juga terus melakukan berbagai program pengembangan SDM, yang disesuaikan dengan kebutuhan korporasi ke depan,” ungkap Fajar Wibhiyadi.

Editor : Trimurti (trimurti@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN