Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi Zipmex (Ist)

Ilustrasi Zipmex (Ist)

Zipmex Bocorkan Empat Langkah Pemulihan Bisnisnya

Jumat, 5 Agustus 2022 | 09:59 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Zipmex, salah satu platform jual beli aset digital mengumumkan pernyataan terbaru mengenai situasi yang tengah dihadapi sejak pekan lalu.

“Pernyataan ini adalah wujud transparansi bagi seluruh pengguna, investor, publik, media, dan pihak terkait. Pernyataan ini juga mencakup fakta-fakta dan sikap kami untuk menghindari kesalahpahaman dan kesalahan penafsiran,” kata manajemen Zipmex dalam keterangan resmi, Jumat (5/8/2022).

Advertisement

Setidaknya ada empat poin-poin yang ingin disampaikan. Pertama, kronologi permasalahan dan kondisi terkini Zipmex telah mendepositkan aset digital di Babel Finance dan Celsius sejak awal operasi ZipUp+. Pada 13 Juni 2022, Celsius melakukan penangguhan penarikan dari platform mereka.

Namun, perusahaan menilai bahwa jumlah neraca saat itu dapat menyerap potensi kerugian tersebut, sehingga perusahaan telah menyetujui untuk menyerap potensi kerugian tersebut dan menghapus jumlah piutang. Sejak Babel Finance melakukan penangguhan penarikan dana, dan berupaya terus menerus untuk menghubungi mereka. Guna mencegah volatilitas pasar jangka pendek, perusahaan memutuskan untuk menghentikan sementara transfer antara Z Wallet dan Trade wallet.

Baca juga: Sssttt... Zipmex Dapat Dana Segar dari Investor

Hal ini bertepatan dengan pemeliharaan rutin dan terencana dari aplikasi dan server Zipmex. Di sisi lain, penarikan berjenjang pada dompet perdagangan melalui platform Zipmex dalam jumlah kecil telah dapat dilakukan mulai 22 Juli 2022.

Kedua, proses pengajuan permohonan Moratorium di Singapura terhadap utang grup perusahaan Zipmex. Terkait dengan pengajuan moratorium di Singapura, sejumlah publikasi melaporkan bahwa Zipmex mengajukan permohonan pailit. Hal ini tidak benar adanya. Pengajuan moratorium pada Pengadilan Singapura oleh lima perusahaan dalam grup perusahaan Zipmex adalah “pengajuan moratorium atas utang” untuk memberikan waktu

kepada perusahaan menemukan solusi atas masalah yang terjadi. Secara hukum, hal ini tidak memengaruhi bisnis Zipmex Indonesia yang tetap berjalan seperti biasa.

Ketiga,  jalan yang Zipmex tempuh untuk mencapai solusi. Perusahaan sedang mengeksplorasi berbagai langkah yang tersedia. Di mana, perusahaan tengah berupaya memulihkan aset dari Babel Finance. Perusahaan juga sedang berada dalam diskusi tahap lanjut terkait proses fundraise, yang akan memungkinkan perusahaan mengaktifkan kembali transfer dari Z Wallet.

Zipmex juga telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan dua investor. Zipmex dan investor juga mengakselerasi proses uji kelayakan (due diligence) agar perusahaan dapat menghadirkan solusi bagi pengguna secepat mungkin.

Baca juga: Bos Zipmex: Tersendatnya Pencairan Dana Investor di Kripto Gara-gara Ini...

Keempat, kemajuan di Z Wallet. Dalam waktu kurang dari dua minggu, perusahaan telah bernegosiasi dengan investor, berkoordinasi dan bersikap kooperatif dengan lembaga pemerintahan, serta berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi pengguna.

“Kami melakukan stabilisasi pada sistem dan mulai mendistribusikan aset ADA, SOL, dan XRP ke Trade Wallet pengguna di minggu ini,” kata manajemen.

Beberapa aset kripto dijadwalkan untuk ditransfer dari Z Wallet ke Trade Wallet pengguna pada tanggal berikut::

● Selasa, 2 Agustus 2022 - SOL (100% jumlah aset pengguna di Z Wallet)

● Kamis, 4 Agustus 2022 - XRP (100% jumlah aset pengguna di Z Wallet)

● Selasa, 9 Agustus 2022 - ADA (100% jumlah aset pengguna di Z Wallet)

Secara lebih rinci, aset kripto di Z Wallet akan terdebit kemudian dikreditkan ke Trade Wallet pengguna. Proses ini berlangsung otomatis dan pengguna tidak perlu melakukan langkah apapun. Saat aset kripto sudah tersedia di Trade Wallet, pengguna dapat melakukan penarikan (withdrawal) sebagaimana biasanya.

“Kami memahami bahwa saat ini masih banyak pengguna yang memiliki BTC, ETH, dan stable coins di Z Wallet. Kami berusaha untuk mendistribusikan kembali sebagian dari aset ini ke Trade Wallet, mulai pertengahan Agustus 2022,” jelasnya.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN