Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Co-founder Pluang Claudia Kolonas

Co-founder Pluang Claudia Kolonas

MICRO E-MINI S&P 500 INDEX FUTURES

Produk Berjangka Praktis, Terjangkau, dan Peluang Menguntungkan dari Pluang

Jumat, 16 Oktober 2020 | 12:25 WIB
Parluhutan Situmorang

JAKARTA, Investor.id -  “Saya ingin berinvestasi pada saham-saham teknologi informasi dan industri besar di Amerika Serikat (AS), tetapi saya tidak memiliki cukup dana, tidak memiliki kemampuan untuk menganalisa setiap saham, khawatir terhadap likuiditas sahamnya, belum lagi prosedur investasinya berbelit,”. Hal ini yang sering menjadi perhatian investor ketika ingin berinvestasi saham ke manca negara.

Tidak hanya itu, harga sejumlah saham raksasa teknologi informasi maupun industri besar di New Yorks Stock Excange tergolong mahal untuk per lembarnya. Misalnya, harga saham Facebook berada di kisaran US$ 267 per saham, harga saham Amazon mencapai US$ 3.287,76 per saham. Alhasil, sejumlah faktor tersebut membuat sejumlah investor dalam negeri mengurungkan niat berinvestasi ke bursa saham luar negeri, seperti NYSE.

Apakah faktanya selalu begitu? Co-Founder Pluang Claudia Kolonas mengatakan, harga setiap lembar sejumlah saham di bursa NYSE memang tergolong mahal, belum lagi risiko investasinya tinggi, dan pemodal harus aktif mengikuti isu-isu saham yang dipegang. Oleh karena itu, investor bisa memilih jenis investasi pasif, seperti produk berjangka S&P500 pada Chicago Mercantile Exchange (CME).

Produk berjangkan tersebut memungkinkan pemodal berinvestasi sekaligus terhadap 500 saham yang terdaftar dalam S&P dengan modal investasi terjangkau, tracking error tipis, dan terhindar dari masalah likuiditas, karena volume transaksi hariannya telah mencapai US$ 264 miliar per hari. Selain itu, investasi indeks dinilai memiliki risiko rendah, dibandingkan memilih saham secara individual.

Salah satu produk investasi yang cukup akomodatif bagi pemodal domestik yang ingin berinvestasi di bursa berjangka manca negara, khususnya bagi kalangan millenial, adalah produk Micro e-mini S&P 500 Index Futures yang diluncurkan Pluang. Pluang S&P 500 merupakan produk berjangka yang ditransaksikan di CME, bursa berjangka terbesar di dunia. Berinvestasi di produk ini, pemodal akan memperoleh eksposur investasi ke 500 saham terbaik di AS, diversifikasi saham pada berbagai sektor sekaligus, dan menawarkan peluang imbal hasil maupun capital gain baik.

Sedangkan Pluang sendiri merupakan layanan financial technology (Fintech) investasi yang meluncurkan produk Micro e-mini S&P 500 Index Futures. Pluang Micro e-mini S&P 500 Index Futures merupakan produk pertama dan satu-satunya di Indonesia saat ini. Produk ini diluncurkan Pluang setelah sukses menerbitkan produk tabungan Emas Digital.

Grafik di atas menunjukkan kinerja 3, 5, dan 10 tahun dari Indeks S&P 500. Peningkatan indeks S&P 500 menunjukkan bahwa ada tren positif secara umum di pasar ekuitas AS secara keseluruhan dalam jangka waktu panjang.
Grafik di atas menunjukkan kinerja 3, 5, dan 10 tahun dari Indeks S&P 500. Peningkatan indeks S&P 500 menunjukkan bahwa ada tren positif secara umum di pasar ekuitas AS secara keseluruhan dalam jangka waktu panjang.

Claudia Kolonas mengatakan, S&P 500 terdiri atas 500 saham perusahaan terpilih yang telah memenuhi syarat ketat, seperti perusahaan teknologi informasi,kesehatan, keuangan, energi, industri, dan sebagainya. Perusahaan-perusahaan yang masuk dalam S&P500 harus memenuhi beberapa kualifikasi ketat, yaitu kantor pusat yang berlokasi di AS, melaporkan laba positif selama empat kuartal terakhir, memiliki kapitalisasi pasar sama dengan atau lebih dari US$ 3,7 miliar, serta telah IPO atau menjadi perusahaan publik selama minimal satu tahun, sehingga aman bagi pemodal.

Selain didukung saham sejumlah perusahaan terbaik, dia mengatakan, historikal kinerja indeks S&P500 tercatat baik dalam beberapa tahun terakhir. Berdasarkan data, selama tiga tahun terakhir, imbal hasil indeks S&P500 mencapai 48,70%, dalam lima tahun mencapai 75,89%, bahkan kinerja indeks S&P 500 dalam 10 tahun terakhir bertumbuh 325,54%. Hal ini menjadikan kinerja indeks ini salah satu terbaik di dunia dalam beberapa tahun terakhir, apalagi didukung saham perusahaan teknologi informasi raksasasa yang terus bertumbuh.

“Micro e-mini S&P 500 Index Futures merupakan upaya Pluang untuk memperluas akses pemodal Indonesia terhadap produk investasi mancanegara yang terjangkau, praktis, dan aman. Produk ini juga bisa membuka akses lebih luas kepada masyarakat Indonesia untuk berinvestasi di pasar berjangka global sekaligus bertujuan mengoptimalkan imbal hasil investasi,” ujar Claudia Kolonas di Jakarta, belum lama ini.

Meski menawarkan keuntungan menggiurkan, dia mengatakan, investasi indeks S&P 500 tetap saja memiliki risiko, seperti risiko volatilitas pasar menjelang pemilihan presiden AS di bulan November. Oleh karena itu, investasi pada Micro E-Mini S&P 500 Index Future disarankan dalam jangka panjang dan dijadikan sebagai sarana diversifikasi investasi, karena pergerakan indeks S&P 500 sering berlawanan dengan produk emas.

Sedangkan dari sisi keamanan berinvestasi, dia mengatakan, Pluang by PG Berjangka telah memiliki izin Penyaluran Amanat Nasabah ke Bursa Luar Negeri (PALN) oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). PALN adalah kegiatan penawaran Kontrak dan menyalurkan Amanat Nasabah untuk Kontrak tersebut dengan menggunakan sistem yang disediakan oleh Bursa. Apalagi, semua transaksi di Pluang dijamin oleh PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI), sehingga pengguna dapat dengan tenang mengatur rencana keuangannya sesuai jangka waktu yang diinginkan.

Investasi Praktis

Di aplikasi Pluang, proses investasi micro e-mini s&p 500 futures dapat dilakukan dengan mudah, hanya dalam 3 ketukan. Penjualan dan penarikan dana juga dapat dilakukan secara realtime. Artinya, tidak ada penundaan dalam mencairkan dana.
Di aplikasi Pluang, proses investasi micro e-mini s&p 500 futures dapat dilakukan dengan mudah, hanya dalam 3 ketukan. Penjualan dan penarikan dana juga dapat dilakukan secara realtime. Artinya, tidak ada penundaan dalam mencairkan dana.

Tidak hanya aman dan menawarkan potensi keuntungan menggiurkan, Claudia Kolonas mengatakan, investasi melalui Pluang memiliki kelebihan yang paling dibutuhkan masyarakat di era digital ini, yaitu kepraktisan. Selain itu, modal investasinya tergolong terjangkau bagi semua kalangan, yaitu berkisar US$ 35 per unit. Investasi bisa dalam bentuk mata uang rupiah maupun dollar AS.

“Di aplikasi Pluang , proses investasi micro e-mini s&p 500 futures dapat dilakukan dengan mudah, hanya dalam tiga ketukan. Penjualan dan penarikan dana juga dapat dilakukan secara realtime. Artinya, tidak ada penundaan dalam mencairkan dana,” ujarnya.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN