Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Semen Indonesia. Foto: dok. ID

Semen Indonesia. Foto: dok. ID

Semen Indonesia Optimistis Penjualan Semester II di Jatim Membaik

ROS, Selasa, 11 Juni 2019 | 00:15 WIB

SURABAYA - PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) optimistis kinerja penjualan semen di Jawa Timur pada semester kedua 2019 akan lebih baik, karena proyek-proyek infrastruktur yang sempat tertunda akan dilanjutkan pada sisa tahun 2019.

Kepala Departeman Komunikasi Semen Indonesia Sigit Wahono mengatakan penjualan Semen Indonesia secara konsolidasi di Jawa Timur sepanjang Januari-April 2019 mencapai 2,14 juta ton atau turun 9,4% dibanding periode yang sama tahun 2018 sebesar 2,36 juta ton.

Data Asosiasi Semen Indonesia (ASI) juga menunjukkan penjualan semen di Jatim tercatat sebesar 2,74 juta ton atau mengalami perlambatan 6,3% dibandingkan periode yang sama di tahun 2018 sebesar 2,93 juta ton.

“Penurunan penjualan Semen Indonesia di Jawa Timur disebabkan karena permintaan semen yang melemah pasca penyelesaian beberapa proyek infrastruktur serta adanya pesta demokrasi, musim hujan dan mendekati bulan puasa sehingga pelaksanaan proyek oleh pemerintah dan swasta masih lambat atau belum dimulai,” kata Sigit di sela kegiatan acara buka puasa bertema #MembangunKetakwaan dengan insan media di Jatim dan pemberian bingkisan lebaran kepada 100 orang pengemudi becak dan juru parker di Surabaya, baru-baru ini.

Selain itu, menurut Sigit, pasar semen domestik di Jatim juga semakin kompetitif dengan hadirnya beberapa pemain baru di pasar.

“Meski demikian perseroan optimistis kinerja penjualan bisa jauh lebih baik di semester II, dikarenakan proyek-proyek infrastruktur yang sempat tertunda akan dilanjutkan di sisa tahun ini,” tandasnya.

Sementara itu, acara #Membangun- Ketakwaan diawali dengan tausiyah yang dilanjutkan dengan penyerahan bingkisan lebaran oleh SVP of SMO & Communication Semen Indonesia, Ami Tantri. “Kegiatan #Membangun- Ketakwaan merupakan bagian dari program “Membangun Kekuatan, Memajukan Indonesia. Melalui kegiatan buka puasa bersama dan pemberian bingkisan lebaran ini, perusahaan berharap bisa semakin mendekatkan diri dengan masyarakat.

Hubungan yang sinergis antara perusahaan dan masyarakat diharapkan mampu mendorong peningkatan nilai tambah bagi perusahaan dan masyarakat maupun mitra kerja lain,” pungkas Sigit.

Semen Indonesia. Foto: IST
Semen Indonesia. Foto: IST

 

Pangkas Obligasi

Sebelumnya, Semen Indonesia berencana menurunkan nilai emisi penawaran umum berkelanjutan (PUB) I tahap II menjadi Rp 4,07 triliun dari semula Rp 4,9 triliun. Perseroan menetapkan kupon tetap sebesar 9%- 9,10% untuk surat utang yang memiliki dua seri tersebut.

Seri A PUB I tahap II Semen Indonesia ditawarkan dengan nilai Rp 3,36 triliun dan memiliki bunga tetap 9% per tahun. Obligasi ini memiliki jangka waktu lima tahun. Sementara itu, seri B obligasi ditawarkan dengan jumlah Rp 714 miliar dan memiliki bunga tetap 9,10% per tahun. Surat utang ini memiliki jangka waktu tujuh tahun.

“Bunga obligasi dibayarkan setiap triwulan, sesuai dengan tanggal pembayaran bunga obligasi. Pembayaran bunga obligasi pertama akan dilakukan pada 28 Agustus 2019,” jelas manajemen dalam prospektus, beberapa waktu lalu.

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN