Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Emas batangan. Foto ilustrasi: IST

Emas batangan. Foto ilustrasi: IST

Wow, Reli Harga Emas Masih Lanjut

Jumat, 7 Agustus 2020 | 06:54 WIB
Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Investor.id - Relli harga emas masih berlanjut dan memperpanjang pemecahan rekor pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB). Banyaknya negara menggelontorkan paket stimulus baru menjadi katalis kenaikan harga emas.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember di divisi COMEX New York Mercantile Exchange, melonjak US$ 20,1 atau 0,98% dan ditutup pada $ 2.069,40 per ounce.

"Ada sinyal beragam bahwa ekonomi sedang pulih dan beberapa tanda pemulihan relatif dangkal karena menunjukkan angka agregat dan bukan bagaimana usaha menengah dan kecil masih menderita,” kata Jeffrey Christian, mitra pengelola CPM Group.

Data menunjukkan klaim pengangguran AS turun minggu lalu, tetapi pada pertengahan Juli jumlah orang yang menerima cek pengangguran sebanyak 31,3 juta karena terdampak pandemi Covid-19 yang memukul ekonomi.

Emas telah menguat lebih dari 35% tahun ini karena dianggap sebagai aset yang mampu mempertahankan nilainya (safe haven). Di sisi lain, aset-aset lain, seperti dolar, nilainya terus merosot karena pandemi membuat banyak negara mengeluarkan stimulus dengan cara mencetak uang oleh bank-bank sentral.

Pasar menunggu paket stimulus lanjutan dari Pemerintah AS yang masih dinegosiasikan di Kongres. Para pemimpin Demokrat dan pejabat Gedung Putih melanjutkan pembicaraan mereka untuk mencoba mencari kesepakatan dalam rincian paket tersebut yang diharapkan selesai Jumat ini.

"Meskipun tidak ada petunjuk grafik awal yang menunjukkan pasar emas mencapai puncak utamanya, emas sekarang mengalami overbought jangka pendek," kata analis senior Kitco Metals Jim Wyckoff. dalam sebuah catatan.

"Dan ingat bahwa dengan volatilitas yang lebih tinggi dan kenaikan harga harian yang lebih besar yang terlihat saat ini, ada potensi koreksi turun yang lebih besar saat koreksi itu datang," tambahnya.

Logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman September naik $1,51 atau 5,62% menjadi ditutup pada $ 28,4 per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober naik $24,8 atau 2,51% menjadi $ 1.013,9 per ounce.


 

Editor : Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Sumber : REUTERS

BAGIKAN