Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Bitcoin. ( Foto: Karen Bleier / AFP

Bitcoin. ( Foto: Karen Bleier / AFP

Bitcoin Merosot ke Level Terendah Tiga Bulan

Sabtu, 8 Januari 2022 | 07:31 WIB

Investor.id - Bitcoin turun ke level terendah tiga bulan pada Jumat malam (Sabtu pagi WIB) di tengah kegelisahan atas pengetatan kebijakan moneter AS dan penutupan internet di Kazakhstan, pusat penambangan bitcoin terbesar kedua di dunia.

Harga bitcoin turun di bawah $41.000 menjadi $40.749,90 tepat setelah pukul 10:50 ET Jumat, mencapai level terendah sejak 29 September, menurut data dari Coin Metrics. Level terakhir diperdagangkan turun 2,9% pada harga $41,947,75.

Cryptocurrency terbesar di dunia mulai jatuh awal pekan ini setelah risalah dari pertemuan Desember Federal Reserve mengisyaratkan bank sentral AS akan menarik kembali stimulus era pandemi.

Komentar hawkish memicu aksi jual di pasar saham global yang meluas ke mata uang kripto. Bitcoin bulls sering menggambarkannya sebagai aset yang tidak berkorelasi dengan pasar keuangan tradisional, namun para ahli telah memperhatikan pertumbuhan paralel dalam pergerakan harga bitcoin dan saham.

Mata uang digital lainnya terus meluncur pada hari Jumat, dengan ethereum turun 6,8% dan solana turun 7,7%.

Berita lain yang membebani harga crypto adalah langkah presiden Kazakhstan untuk menutup layanan internet menyusul protes mematikan terhadap pemerintah.

Negara Asia Tengah menyumbang 18% dari kekuatan pemrosesan jaringan bitcoin, menurut Cambridge Center for Alternative Finance. Banyak penambang kripto melarikan diri dari China ke negara tetangga Kazakhstan karena larangan Beijing pada penambangan mata uang virtual.

Penutupan internet Kazakhstan mengambil sebanyak 15% dari jaringan offline, menurut beberapa perkiraan.

Kekuatan komputasi Bitcoin “tidak secara langsung berkorelasi dengan harga Bitcoin, tetapi memberikan indikasi keamanan jaringan, sehingga penurunan dapat menakuti investor dalam jangka pendek,” Marcus Sotiriou, analis di pialang aset digital yang berbasis di Inggris, GlobalBlock, mengatakan dalam catatan Kamis.

Editor : Listyorini (listyorini205@gmail.com)

BAGIKAN