Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Literasi saham untuk Perempuan Cerdas Investasi Dharma Wanita Persatuan  BNPT

Literasi saham untuk Perempuan Cerdas Investasi Dharma Wanita Persatuan BNPT

BEI Aktif Tingkatkan Literasi Saham untuk Komunitas Perempuan

Listyorini, Rabu, 3 Juli 2019 | 19:01 WIB

JAKARTA, investor.id – Berbagai cara dilakukan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk meningkatkan kepesertaan masyarakat berinvestasi di pasar modal. Salah satunya dengan menggandeng berbagai komunitas.

Rabu, 3 Juli 2019, BEI menggandeng Dharma Wanita Persatuan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang beranggotakan sekitar 300 orang. Para ibu-ibu Dharma Wanita tersebut sangat tertarik untuk berinvestasi di pasar modal yang terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan seputar investasi saham.

Menurut Director Finance & Human Resources PT BEI, Risa Effennita Rustam, tingkat literasi dan inklusi keuangan pada perempuan Indonesia masih rendah, yaitu sebesar 25,5 persen dan 66,2 persen, dibanding tingkat literasi dan inklusi keuangan laki-laki di Indonesia sebesar 33,2 persen dan 69,6 persen, berdasarkan hasil survei nasional Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 2016.

"Perempuan menjadi salah satu sasaran utama edukasi dan sosialisasi pasar modal yang dilakukan PT BEI," katanya.

Literasi saham untuk Perempuan Cerdas Investasi Dharma Wanita BNPT
Literasi saham untuk Perempuan Cerdas Investasi Dharma Wanita Persatuan BNPT

 

Perempuan, kata dia, sebagai critical economic player di Indonesia, mengingat banyak keputusan ekonomi penting mulai dari tingkat keluarga, lingkungan, hingga negara diputuskan oleh perempuan.

Studi ilmiah, kata Risa, menunjukkan sebenarnya perempuan memiliki pemahaman keuangan yang lebih tinggi dan penyikapan keuangan yang lebih baik, dibanding laki-laki. Salah satunya ditunjukkan oleh studi tahun 2010 yang dikeluarkan oleh perusahaan jasa keuangan multinasional Amerika Serikat yang berbasis di Boston, Massachusetts. Disebutkan, perempuan mendapatkan return investasi lebih tinggi dibandingkan para pria.

Menurut studi tersebut, ada beberapa alasan mengapa perempuan menjadi investor lebih baik daripada pria. Pertama, perempuan sedikit mengambil risiko. Secara umum, perempuan akan mengambil pendekatan yang sederhana dan minim risiko dibanding pria untuk memperoleh return lebih baik dari waktu ke waktu.

Kedua, perempuan lebih berhati-hati menggunakan uang.

Ketiga, perempuan memiliki pandangan jangka panjang yang bagus, sedangkan pria cenderung kurang sabar dan melihat investasi sebagai kompetisi, sehingga seringkali mereka terburu-buru menjual atau membeli investasi yang belum tentu menguntungkan.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN