Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Photo/Mohammad Defrizal

Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Photo/Mohammad Defrizal

Kisah Erick Thohir Menemani Ibu Berjualan Baju di Pasar Tebet

Sabtu, 16 Januari 2021 | 18:07 WIB
Frans S. Imung

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara, hari ini, Sabtu (16/1/2021) berkesempatan bertemu secara virtual dengan sekitar 20 ribu account officer (AO) yang selama ini mengabdi untuk PT Permodalan Nasional Madani (Persero). Selain memberikan motifasi bagi para AO dari seluruh Indonesia, Erick juga memberi motivasi para AO untuk mencapai kesuksesan di masa depan.

Tak lupa ia menyelipkan kisah perjalanan hidup kedua orang tuanya, Teddy Thohir dan Edna Thohir sebelum sukses menjadi pengusaha. “Dulu ibu saya pernah berjualan baju,” kisah Erick.

Sang ibu, kata Erick, memulai usaha denan membuka lapak pakaian di Pasar Tebet, Jakarta Selatan. Bisnis ini bahkan terus dijalani hingga Edna Thohir menikah Teddy Thohir.

Itu sebabnya, kata Erick, saat pulang sekolah ia kerap mengikuti sang ibu berjualan baju di Pasar Tebet. “Jadi saya pernah ikut sama ibu waktu awal-awal sekolah,” katanya.

Dari pengalaman itu, Erick mengaku bisa merasakan kondisi yang dialami oleh pengusaha kecil ketika merintis usaha. Meski demikian, ia mengakui, situasi berjualan di Ibu Kota jauh berbeda dengan pengalaman para ibu berjualan pakaian di daerah.

Pengalaman sang ibu tidak jauh berbeda dengan sang ayah, Teddy Thohir. Menurut Erick, ayahnya merupakan perantau dari Gunung Sugih, Lampung, yang berjuang sejak usia 10-11 tahun.

Saat beranjak remaja, Erick berkisah, sang ayah sudah merantau ke Tanjung Karang untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik. “Tujuannya agar ke depan mendapat pekerjaan yang lebih bagus,” kisahnya.

Karena ditempa sejak dini, Teddy Thohir kemudian sukses menjadi salah satu pengusaha nasional. Nama Teddy Thohir dikenal sebagai pendiri PT Trinugraha Thohir yang bergerak di bidang properti, restoran, hingga telekomunikasi. Teddy juga dikenal sebagai salah satu pendiri dan pemegang saham Grup Astra.

 

 

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN