Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pameran Lukisan

Pameran Lukisan

Museum Basoeki Abdullah akan Pamerkan 40 Karya Perupa Muda

Antara, Selasa, 24 September 2019 | 15:21 WIB

JAKARTA, Investor.id - Museum Basoeki Abdullah akan memamerkan 40 karya perupa muda yang terpilih dalam kompetisi Basoeki Abdullah Award #3 dengan tema Re-Mitologisasi.

Karya-karya yang lolos dalam proses seleksi terhadap 263 judul karya dari 219 perupa muda yang berlangsung sejak Maret 2019 itu akan dipamerkan selama sebulan mulai 25 September di Museum Basoeki Abdullah, Jakarta.

"Kali ini medium yang dipakai oleh peserta bervariasi, mulai karya lukisan, patung, fotografi, hingga instalasi," kata Kepala Museum Basoeki Abdullah Maeva Salma di Jakarta, Selasa (24/9).

Semula, menurut Maeva, juri kompetisi hanya berencana memilih 20 lukisan dan menyeleksinya kembali hingga memperoleh lima karya terbaik.

Namun, para juri yang terdiri atas Rikrik Kusmara, Djuli Djatiprambudi, Mikke Susanto, Irwan Karseno, dan Amir Sidharta kemudian merasa karya-karya para perupa muda itu banyak yang memiliki pemaknaan mendalam. “Karena itu, juri kemudian memilih 40 karya untuk ditampilkan di Museum Basoeki Abdullah,” tutur dia.

Maeva menambahkan, tema Re-Mitologisasi dipilih karena mitos punya peran penting dalam kehidupan manusia. Mitos tidak hanya dianggap sebagai kepercayaan, tetapi juga dianggap mengawali sejarah pemikiran.

“Dengan mengusung tema itu, penyelenggara kompetisi ingin mengungkap ekspresi perupa muda yang berasal dari karya Basoeki Abdullah,” ucap dia.

Melalui kompetisi tersebut, kata Maeva Salma, Museum Basoeki Abdullah ingin menempatkan Basoeki Abdullah sebagai sumber inspirasi bagi para pelukis Indonesia, khususnya generasi pelukis muda.

Sumber : ANTARA

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA