Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Head of Capital Market Investment Banking Trimegah Securities, Lenie Febriana, dalam acara The 31 st Investor Gathering Bizcom Indonesia dengan tema diskusi

Head of Capital Market Investment Banking Trimegah Securities, Lenie Febriana, dalam acara The 31 st Investor Gathering Bizcom Indonesia dengan tema diskusi "IPO Journey for Startups" di Jakarta, Kamis (26/9/2019)

Startup Unik Diminati Investor

Listyorini, Jumat, 27 September 2019 | 12:30 WIB

JAKARTA, investor.id – Usaha rintisan (startup) yang unik dan terus bertumbuh sangat berpeluang untuk mencari pendanaan di pasar modal melalui penawaran umum perdana saham (Initial Public Offering/IPO). Sebab, bisnis starup sangat diminati investor pasar saham.

"Bali United, klub sepakbola, sukses masuk pasar modal karena unik. Merupakan emiten bola pertama yang masuk Bursa Efek Indonesia dan ketika pencatatan hari pertama (listing), harganya langsung terbang," kata Presdir PT Kresna Sekuritas Octavianus Budiyanto dalam acara The 31 st Investor Gathering Bizcom Indonesia dengan tema diskusi "IPO Journey for Startups" di Jakarta, Kamis (26/9/2019). Pada pencatatan perdana, saham dengan kode BOLA itu naik 69,14 persen atau 121 poin dari Rp 175 ke level Rp 296. Dan pada Jumat (27/9/2019), harga saham BOLA diperdagangkan pada kisaran Rp 366, lebih dua kali lipat dibanding harga saat IPO.

Oky, panggilan akrab Octavianus, mengajak pebisnis startup untuk mempersiapkan diri mencari pendanaan melalui IPO. "Pasar modal Indonesia sangat besar, peluangnya masih besar, harus ini dimanfaatkan oleh pebisnis startup," katanya.

Sementara itu, Head of Capital Market Investment Banking Trimegah Securities, Lenie Febriana, menjelaskan sejumlah hal yang perlu dipersiapkan startup untuk IPO. Dari sisi keuangan, sebagian besar startup memang belum untung, tetapi sepanjang bisa meyakinkan bahwa perusahaan dalam tahapan positif margin dimungkinkan untuk mempersiapkan diri IPO. "Investor perlu bukti kinerja, track record bahwa secara keuangan bisnis startup tersebut bertumbuh dengan baik," katanya.

Dari sisi permodalan, kata dia, meskipun marginnya masih tipis tetapi startup bisa menjual historical financial performance (historikal kinerja keuangannya). "Startup yang mempunyai potensi untuk terus berkembang sangat menarik investor," kata dia.Lenie menekankan bahwa sisi modal (equity) sangat penting karena hal itu akan menentukan valuasi sebuah perusahaan.

Hal lain yang perlu dipersiapkan, kata Lenie,adalah membangun image dan brand awarness. Tidak mudah untuk menjual saham perusahaan yang belum dikenal publik.Untuk itu, sebelum memutuskan IPO ada baiknya startup melakukan roadshow untuk mengurangi risiko gagal saat IPO. Selain itu, startup harus mengikuti aturan yang sudah ditentukan oleh regulator, yaitu PT Bursa Efek Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan.

Kunci Sukses

Dalam kesempatan itu,Lenie memberikan sejumlah kunci sukses saat IPO:

1. Perusahaan mampu mengkomunikasikan dengan baik terkait pertumbuhan bisnis yang didukung oleh kinerja keuangan.

2. Sangat penting untuk melihat waktu dan kondisi pasar. Sebab, perusahaan bagus bisa gagal saat IPO jika kondisi ekonomi dan politik tidak mendukung..

3.Menetapkan besaran jumlah saham yang akan dijual ke publik karena hal ini menentukan faktor penyerapan pasar. Struktur penawaran dan distribusi saham.

4. Merencanakan secara baik strategi pemasaran.

5. Perlu terus dijaga performa perusahaan setelah IPO agar investor yang sudah membeli saham tidak kecewa.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA