Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Erupsi Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Lampung Selatan, Jumat (10/4/2020) malam. (ANTARA/HO/PVMBG)

Erupsi Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Lampung Selatan, Jumat (10/4/2020) malam. (ANTARA/HO/PVMBG)

Suara Dentuman Miterius, Fenomena Skyquake?

Listyorini, Sabtu, 11 April 2020 | 16:57 WIB

JAKARTA, Investor.id – Hingga Sabtu sore (11/4/2020), suara dentuman misterius yang didengar oleh warga Jakarta dan sekitarnya masih menjadi trending topic di tweeter. Banyak yang mengkaitkan hal itu dengan fenomena skyquake.

Skyquake merupakan fenomena yang sampai saat ini masih terus diperbincangkan dan diperdebatkan. Fenomena itu ditandai dengan langit tiba-tiba mengeluarkan bunyi yang sangat keras ke arah Bumi, seakan sedang terjadi gempa di langit. Bahkan, ada yang percaya bahwa hal itu merupakan bukti keberadaan makhluk asing luar angkasa atau alien.

Namun, para ilmuwan lebih percaya fenomena ini terjadi akibat gelombang radio dan aktivitas matahari. Meski demikian, hingga sekarang belum dapat diungkap.

Suara dentuman misterius yang terdengar jelas di Depok, Jawa Barat,dan Jakarta tersebut ramai diperbincangkan di media sosial. Warga nitizen awalnya mengkaitkan suara dentuman itu dengan erupsi Gunung Anak Krakatau. Namun, Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) membantahnya.

"Saya sudah konfirmasi petugas pos pengamatan, mereka tidak mendengar karena letusannya (Gunung Anak Krakatau) juga kecil," kata Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api Hendra Gunawan, Sabtu.

Menurut dia, erupsi gunung yang terletak di Selat Sunda dalam wilayah Kabupaten Lampung Selatan itu hanya mengeluarkan semburan ketinggian berkisar 500 meter. Letusan yang terjadi Jumat (10/4) malam juga bukan merupakan letusan eksplosif, hanya semburan. "Biasanya dalam jarak dua kilometer, kedengaran hanya suara desis saja," ujarnya pula.

Lantas, darimana suara dentuman itu berasal? Warganet banyak yang penasaran. Bahkan ramai juga diperbicangkan ramalan anak indigo tentang akan kembalinya leluhur Tanah Jawa, Sabdo Palon. Tetapi banyak yang percaya bahwa suara dentuman itu merupakan fenomena skyquake.

Fenomena suara misterius juga pernah menghebohkan di berbagai belahan dunia lain. Suara seperti bunyi terompet sangkakala, suara "hum", dan masih banyak lagi.

Di Magic Valley, Idaho, Amerika Serikat, warga pernah heboh dengan suara dentuman dari langit. Sebuah gemuruh mengguncang permukiman di sana pada 26 Maret 2019. Fenomena serupa pernah terjadi di beberapa lokasi seperti di Belgia, Jepang, Bangladesh, Iran dan Filipina.

Hingga kini penyebab fenomena itu masih jadi misteri para ilmuwan.

Berikut fenomena suara misterius di berbagai belahan dunia:

1. The Hum

Fenomena misterius seperti suara berdengung atau gumaman dengan frekuensi rendah. Suara ini terdengar di beberapa tempat, seperti di Inggris, Selandia Baru, dan Amerika Serikat.

Sejumlah orang yang mendengarnya mengatakan, suara misterius itu mirip gumaman bernada rendah, seperti suara mesin.

Hingga kini fenomena suara tersebut masih jadi misteri para ilmuwan dunia. Namun sederet teori muncul, antara lain suara ini akibat buatan manusia, getaran gelombang mikro dan gelombang elektromagnetik akibat meteor.

2. Terompet

Suara seperti bunyi terompet sangkakala juga pernah menghebohkan dunia, beberpa tahun lalu. Jagad media sosial sempat geger dengan suara seperti bunyi terompet yang diviralkan lewat Youtube. Belakangan, video tersebut dianggap hasil rekayasa manusia atau hoax.

3. Drum

Suara dentuman seperti suara drum yang terjadi Sabtu dini hari tadi. Menurut pengakuan orang yang mendengar, seperti sutradara film Djoko Anwar, suara itu mirip suara orang sedang berlatih drum.

Ada juga yang menggambarkan suara dentuman dini hari tadi seperti suara sound ketika mau nonton film di bioskop dengan gambar bola biliard jatuh.

Hingga saat ini belum terjawab dengan pasti, dari mana suara dentuman misterius tersebut berasal.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN