Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Tim GLC bermitra dengan IMERI, Fakultas Kedokteran UI, Ikatan Dokter Anak Indonesia, para individu dokter dan profesional, organisasi Platinum Lighting, dan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Rakyat (LPER), mendonasikan APD ke berbagai rumah sakit.

Tim GLC bermitra dengan IMERI, Fakultas Kedokteran UI, Ikatan Dokter Anak Indonesia, para individu dokter dan profesional, organisasi Platinum Lighting, dan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Rakyat (LPER), mendonasikan APD ke berbagai rumah sakit.

Tim GLC Bantu Pengadaan APD di Rumah Sakit

Listyorini, Senin, 20 April 2020 | 16:32 WIB

JAKARTA, Investor.id - Beberapa organisasi bisnis yang dikoordinasikan oleh Global Leadership Center (GLC) membentuk tim untuk membantu pengadaan alat pelindung diri (APD) bagi para dokter dan petugas kesehatan di banyak rumah sakit yang membutuhkannya.

Tim tersebut terdiri atas para suka relawan, dan dermawan yang mempunyai kepedulian terhadap para dokter dan tenaga medis di Indonesia. Para dokter dan tenaga medis sebagai garda terdepan dalam “peperangan” melawan pandemi virus corona (Covid-19), saat ini banyak kekurangan APD.

Tim GLC bermitra dengan beberapa organisasi, seperti Institute of Medical Education and Research in Indonesia (IMERI), Fakultas Kedokteran UI, Ikatan Dokter Anak Indonesia, para individu dokter dan profesional. Selain itu, tim juga menggandeng sejumlah komunitas, antara lain organisasi Platinum Lighting, dan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Rakyat (LPER).

“Penyebaran Covid-19 di Indonesia, sebagai kejadian luar biasa akhir-akhir ini, telah menyebabkan kondisi yang memprihatinkan bagi para dokter dan petugas kesehatan lainnya di berbagai rumah sakit. Sebagian dari mereka kekurangan APD untuk menangani pasien,” kata Robby Tjiptadjaja, founder GLC dalam rilisnya, Senin (20/4/2020). Menurut dia, tim sudah beroperasi sejak pertengahan bulan Maret 2020.

Untuk mengetahui kebutuhan tenaga medis dalam melawan Covid-19, pihaknya membuat diskusi melalui video conference yang diikuti oleh lebih dari 500 peserta. Pembicara dalam sesi tersebut menampilkan para dokter ahli yang terlibat dalam memerangi Covid-19 di tingkat nasional, seperti Prof. Dr Zubairi Djoerban, Sp.PD(K), Ketua Satgas Covid-19 dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI); Prof. Dr. Budi Wiweko, Sp.OG(K) Wakil Direktur IMERI, FKUI; Dr. Aman B. Pulungan, Sp.A(K), Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia dan Dr. Erlina Burhan, Sp.P(K), Juru Bicara Tim Penanganan Covid-19 RSUP Persahabatan.

Tim telah berhasil menggalang dana, memproduksi APD dan melaksanakan impor APD dengan rekomendasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Pihaknya juga mendapat fasilitas bebas Pajak dan Bea Masuk dalam rangka impor APD dari Direktorat Fasilitas Kepabeanan, Ditjen Bea & Cukai, Kementerian Keuangan.

Keseluruhan dana yang diperoleh, ditambah APD yang dapat diproduksi oleh mitra produsen GLC, serta barang berupa APD yang diimpor tersebut telah dan akan didonasikan kepada berbagai rumah sakit. "Kami akan salurkan ke berbagai rumah sakit, baik rumah sakit rujukan maupun yang bukan rujukan Covid-19, milik pemerintah ataupun swasta di seluruh Indonesia," kata Robby.

Dari dana yang terkumpul Rp 325 juta, telah dapat disalurkan 820 box sarung tangan, 520 liter hand sanitizer, 375 box masker Surgical, dan 100 disposable Hazmat Suit. Di samping itu, ada pula donasi lainnya yang diterima dan disalurkan dalam bentuk produk APD, seperti Sanitizer, Masker 3Ply, dan sarung tangan.

Minggu lalu, 13 April 2020, Tim telah pula menerima barang yang diimpor, berupa Masker N95 sebanyak 31.800 pcs. Saat ini, masker N95 sedang kosong di pasar lokal atau kalau ada yang menjual, harganya bisa 8 hingga 10 kali lipat dari harga normal.

Laporan rinci mengenai kegiatan sosial pengadaan APD yang dikoordinasikan oleh GLC dapat dilihat di link berikut http://glcworld.co.id/covid19/ 

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN