Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Grup Ciputra Bakal Merger

Kamis, 16 Juni 2016 | 05:37 WIB

JAKARTA – PT Ciputra Development Tbk (CTRA), PT Ciputra Property Tbk (CTRP), dan PT Ciputra Surya Tbk (CTRS) akan melangsungkan penggabungan usaha (merger) untuk menyederhanakan struktur usaha serta meningkatkan likuiditas saham.

 

“Jadi kami ingin menggabungkan tiga perusahaan menjadi satu. Entitas yang bertahan nantinya hanya Ciputra Development,” kata Direktur dan Sekretaris Perusahaan Ciputra Development Tulus Santoso, usai rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) di Jakarta, Rabu (15/6).

 

Tulus menegaskan, saat ini, meski laporan keuangan Ciputra Development sebagai induk usaha sudah mengonsolidasikan anak-anak usahanya, struktur tiga perusahaan dinilai tidak sederhana. Upaya merger juga bakal didukung oleh regulasi.

 

Saat ini, pemerintah sedang memproses revisi peraturan perpajakan terkait transfer aset dalam aksi penggabungan usaha. Dalam revisi tersebut, PPh final yang sebesar 5% bakal ditiadakan.

 

Jika revisi tersebut dirampungkan pemerintah tahun ini, Grup Ciputra bakal semakin mantap melakukan merger. Menurut Tulus, proses merger tersebut sebetulnya tidak terlalu rumit. Skema yang memungkinkan adalah Ciputra Development akan menerbitkan saham baru dan menukarkan saham tersebut dengan para pemegang saham publik pada Ciputra Property dan Ciputra Surya (share swap).

 

Jika nanti sudah menjadi satu entitas, investor publik yang semula merupakan pemegang saham Ciputra Surya dan Ciputra Property bisa menjadi pemegang saham Ciputra Development. Saat ini, kepemilikan investor public pada Ciputra Surya dan Ciputra Property masing-masing sebesar 37,34% dan 43,72%.

 

Baca selengkapnya di Investor Daily versi cetak di https://subscribe.investor.id

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN