Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Repower Asia Indonesia Tbk (REAL). Foto: IST

PT Repower Asia Indonesia Tbk (REAL). Foto: IST

Repower Asia Indonesia Ekspansi ke Bisnis Data Center

Rabu, 15 September 2021 | 09:18 WIB
Muhammad Ghafur Fadillah (muhamad.ghafurfadillah@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - PT Repower Asia Indonesia Tbk (REAL) berencana ekspansi pada bisnis data center. Langkah ini diambil perseroan untuk menyambut era bisnis digital. Untuk itu, perseroan siap mengkonversi sejumlah aset perkantoran.

Dalam keterangan tertulis, Presiden Direktur Repower Asia Indonesia Aulia Firdaus menjelaskan, perseroan berkomitmen untuk masuk pada bisnis data center. Bahkan, perseroan siap mengkonversi aset Gedung perkantoran yang dimiliki perseroan untuk menjadi data center di wilayah Jakarta dan sekitarnya

Maka dari itu, perseroan tengah melakukan  pembicaraan dengan beberapa mitra strategis di beberapa lokasi lain diantaranya di Cikarang dan Tangerang.

“Kami tengah melakukan pembicaraan serius dan melakukan feasibility study terkait bisnis data center,” jelasnya, Rabu (15/9).

Rencana ekspansi, didasari oleh laporan JLL yang berjudul Data Centre in Indonesia: Unveiling The Potential to Become The next Digital Hub. Data itu, menyebutkan bahwa sektor data center akan terus tumbuh dan berkembang pesat didorong oleh pertumbuhan generasi muda dan kelas menengah baru serta kebangkitan ekonomi digital.

Aulia menambahkan, dengan masuk ke bisnis data center, diharapkan memperkuat sisi pendapatan berkelanjutan perseroan kedepan.

“Dalam mengembangkan bisnis, kita harus selalu melakukan research. Proyeksi pertumbuhan data center di Indonesia pada periode 2020-2025 akan mencapai 23,5% per tahun. Pada 2025, market size-nya diperkirakan akan mencapai US$ 618,6 juta,” ujar Aulia.

Sebelumnya REAL juga telah menggarap Property Edukasi yang bekerjasama dengan pesantren Daarul Qur'an binaan Ustadz Yusuf Mansur. Dalam pembangunan pesantren perkotaan di wilayah Pasar Minggu, Jakarta Selatan dan perumahaan untuk 1500 pengajar pesantren Darul Quran di Cipondoh, Tangerang dengan nilai project sebesar Rp 825 miliar.

“Segala usaha akan kami lakukan untuk memajukan perusahaan, Data center, merupakan tahap awal dari pengembangan bisnis properti digital yang direncanakan REAL, untuk  menjadi salah satu leader dari bisnis properti digital and technology ke depan,” kata dia..

Sementara itu, hingga akhir semester pertama 2021, Repower Asia Indonesia berhasil catatkan kinerja positif dengan membukukan peningkatan penjualan sebanyak 54,12% menjadi Rp 8,80 miliar dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya Rp 5,71 miliar. Hasil ini mampu mengangkat laba bersih perseroan menjadi Rp 632,97 juta, naik signifikan dari sebelumnya hanya mampu untung Rp 8,52 juta.

Kinerja positif ini disumbang oleh pertumbuhan marketing sales perseroan yang tumbuh lebih dari 50% di akhir juni 2021 yakni lebih dari Rp10 miliar. Insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang dikeluarkan pemerintah untuk rumah tapak dan rumah susun, dinilai jadi sentimen positif yang mendongkrak penjualan.

Selain itu, menurut Aulia, pertumbuhan ini juga berkat strategi pemasaran secara online, seiring dengan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Perseroan menyiapkan beberapa strategi lanjutan dengan melakukan penjajakan kerja sama penyediaan perumahan dengan beberapa instansi pemerintah dan swasta, serta lembaga keuangan perbankan maupun non bank.

Saat ini, REAL memiliki beberapa proyek yaitu diantaranya Botanical Puri Asri, Depok, Green Botanical Garden, Jakarta Selatan dan low rise apartment di Pasar Minggu, Jakarta Selatan dan Town House Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

"Dengan adanya capaian ini, kami optimistis hingga akhir tahun 2021 bisa mencapai target marketing sales sebesar Rp 147,96 miliar," pungkas Aulia.   

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN