Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
RUPS PT Hotel Sahid Jaya International Tbk (SHID), di Jakarta, Jumat (5/8/2022).

RUPS PT Hotel Sahid Jaya International Tbk (SHID), di Jakarta, Jumat (5/8/2022).

Siapkan 4 Pilar, Hotel Sahid (SHID) Bidik Pendapatan Rp 94 Miliar

Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:31 WIB
Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Pemulihan ekonomi nasional yang sedang berlangsung, seiring pelonggaran aktivitas masyarakat, mendatangkan optimisme bagi pelaku sektor hotel dan pariwisata di Indonesia.

Terkait optimisme itu PT Hotel Sahid Jaya International Tbk (SHID) berharap dapat membukukan kinerja positif di tahun 2020 dengan target pendapatan Rp 94 miliar, mencerminkan pertumbuhan sebesar 45% dibanding periode yang sama tahun buku 2021. Sementara dari sisi profitabilitas SHID berharap dapat mempertahankan posisi EBITDA di atas 33%%

Tahun lalu SHID tercatat membukukan pendapatan Rp 69,42 miliar, naik sebesar 24,8% dibanding tahun 2020 yang tercatat Rp 55,62 miliar. Sementara laba kotor mengalami kenaikan tipis 0,08% menjadi Rp 46,68 miliar di 2021, sedangkan pada tahun 2020 tercatat Rp 46,51 miliar.

Direktur Utama PT Hotel Sahid Jaya International Tbk, Hariyadi Sukamdani mengatakan, pihaknya yakin target pendapatan Rp 94 miliar sepanjang tahun 2022 akan tercapai lantaran fase pemulihan bisnis sudah terjadi di semester I-2022 dimana tingkat hunian sudah mulai pulih.

“Sebagai gambaran, hingga semester I-2022, kami berhasil meraih pertumbuhan pendapatan sebesar 25% year on year menjadi Rp 39 miliar,” urai Hariyadi dalam Paparan Publik Tahunan SHID yang digekar secara virtual usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan, Jumat (5/8/2022).

Target pertumbuhan pendapatan menurutnya akan ditopang oleh kenaikan tingkat hunian. Saat ini tingkat hunian hotel tercatat sebesar 50%-60%. “Kami optimistis tingkat hunian hotel akan mencapai angka 60% sepanjang tahun ini,” ujarnya.

Selain kondisi ekonomi yang makin positif, dalam rangka meningkatkan kinerja, Hotel Sahid menginisiasi program 4 PILAR #SahidTANGGUH sebagai strategi dalam menghadapi kenormalan baru, terdiri dari #SahidTANGGUH berinovasi produk, #SahidTANGGUH dalam Kualitas, #SahidTANGGUH pelayanan dan #SahidTANGGUH berkontribusi sustainability.

Pada Program #SahidTANGGUH berinovasi produk, SHID mengeksplorasi penawaran produk dan jasa yang inovatif, di luar produk kamar hotel, makanan dan minuman melalui pengoptimalan lahan dan ruang yang dimiliki di seluruh properti. PT Hotel Sahid Jaya International, Tbk, juga memperluas kegiatan dan acara di ruang terbuka dan berkolaborasi dengan pihak ketiga untuk formulasi produk dan jasa baru.

“Kami telah meluncurkan Smart Meeting Room sebagai The Intelligent space integrated technology to create an incredible productive meeting experience, pada kuartal kedua tahun 2022 dan menggelar Car Free Day Corner dengan menjual produk makanan setiap hari Minggu dimana program ini telah diluncurkan pada kuartal keempat tahun 2021 hingga saat ini,” papar Hariyadi Sukamdani.

Kemudian pada Program #SahidTANGGUH dalam Kualitas, PT Hotel Sahid Jaya International, Tbk, aktif melakukan program peningkatan dan renovasi aset dan telah diimplementasikan untuk meningkatkan kualitas aset properti guna memperpanjang masa penggunaannya. “Pada kuartal ketiga 2021, kami melakukan renovasi pada Solo Lounge yang meliputi renovasi interior, pencahayaan dan kursi. Kami pun melakukan renovasi pada Bengawan Solo Lounge yang meliputi renovasi interior, pencahayaan dan kursi. Selain itu, kami juga terus melakukan standardisasi desain dan interior serta digitalisasi proses pemantauan asset,” jelasnya.

Program ketiga atau Program #SahidTANGGUH pelayanan, PT Hotel Sahid Jaya International, Tbk menjalankan standar pelayanan Hospitality 4.0. Dimana PT Hotel Sahid Jaya International, Tbk, terus berkomitmen meningkatkan layanan perhotelan low contact yang memberikan kenyamanan dan kebersihan para tamu, serta melakukan pengenalan aplikasi e-Concierge untuk meningkatkan customer experience selama masa penginapan.

“Kami terus memberikan pelayanan optimal untuk memberikan kenyamanan dan kebersihan para tamu selama menginap. Untuk itu kami membangun Sahid Reputation Management System yang merupakan online dashboard customers review selama menginap di unit Sahid Hotels & Resort baik domestik dan international customers. Lalu kami juga menyiapkan Direct Booking Platform dimana platform ini memberikan penawaran khusus bagi pelanggan yang melakukan reservasi langsung ke website. Kami juga membuat program Sahid Connextion yang merupakan Loyalty Program untuk domestic membership di semua unit Sahid Hotels & Resorts,” papar Hariyadi

Selanjutnya, program #SahidTANGGUH berkontribusi sustainability yang merupakan program pilar keempat, PT Hotel Sahid Jaya International, Tbk, terus melakukan peningkatan kontrol dan pemantauan konsumsi sumber daya, terus melakukan langkah aktif untuk mendorong operasi low carbon, melakukan transisi ke energi rendah emisi dan menjelajahi offset bersertifikat.

Pada program ini, PT Hotel Shaid Jaya International, Tbk, berupaya memberikan kontribusi lebih terhadap perwujudan Hotel Net Zero Carbon melalui kegiatan operasional dan pemberhentian penggunaan produk tidak ramah lingkungan.

“Sebagai wujud kontribusi sustainability, kami aktif melakukan program kontrol dan pemantauan dimana kami terus berupaya mengurangi konsumsi air, gas dan listrik. Di sisi lain, kami juga terus melakukan variasi jadwal pemanasan dan pendinginan serta melakukan system pengoperasian pengelompokan kamar. Tak hanya itu, kami juga memiliki program Food Waste, dimana program dilakukan perseroan dengan mengurangi sampah makanan yang tidak diperlukan. Kami juga menggelar program Roof Top Farming Grand Sahid Jaya dimana Roof Top Farming memiliki kemampuan penting dalam memastikan food sustainability dan juga sebagai bagian dari pertanian perkotaan, hal ini akan sangat penting dalam membangun kota yang berkelanjutan,” pungkasnya.

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN