Menu
Sign in
@ Contact
Search
PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP). (Foto: Ist)

PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP). (Foto: Ist)

Pefindo Naikkan Peringkat Waskita Beton (WSBP)

Rabu, 25 Jan 2023 | 07:30 WIB
Investor Daily (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id  - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menaikkan peringkat (rating) korporat dan obligasi tahap I dan tahap II PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) dari  idD menjadi idB dengan prospek stabil. Sebelumnya, Pefindo menetapkan rating idD ke perseroan, akibat gagal bayar bunga obligasi pada Januari 2022 dan penetapan status penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) sementara.

Peningkatan rating korporat dan obligasi Waskita Beton tersebut menindaklanjuti efektifnya skema restrukturisasi keuangan berdasarkan perjanjian homologasi antara perseroan dan seluruh kreditur. Pefindo menilai, Waskita Beton memiliki posisi yang baik di industri manufaktur beton precast dan readymix.

Pefindo berpotensi meningkatkan rating obligasi Waskita Beton, apabila seluruh kewajiban dalam skema restrukturisasi dapat diselesaikan dengan baik dan perseroan dapat meningkatkan kinerja operasional dan arus kas secara berkelanjutan.

Baca juga: Kimia Farma (KAEF) Targetkan Konversi OWK Rp 300 Miliar Rampung Februari

Advertisement

Director of Finance & Risk Management Waskita Beton (WSBP) Asep Mudzakir menjelaskan, perseroan mengapresiasi peningkatan rating yang dikeluarkan Pefindo. “Hal ini mencerminkan kemajuan restrukturisasi dan pemulihan kinerja keuangan perseroan,” ungkap Asep, Selasa (24/1/2023).

Asep menambahkan, saat ini, fokus manajemen Waskita Beton adalah mengimplementasikan seluruh ketentuan dalam perjanjian perdamaian dan menjalankan program-program transformasi bisnis perusahaan.

Proses implementasi skema restrukturisasi homologasi, kata dia, terus dilakukan perseroan sesuai dengan kesepakatan dalam perjanjian perdamaian. Pada 5 Januari 2023, perseroan telah menerima secara resmi salinan putusan kasasi dari Mahkamah Agung (MA). Dengan telah diterimanya salinan putusan tersebut, Waskita Beton berharap proses aksi korporasi sesuai skema restrukturisasi dapat diakselerasi.

Baca juga: Jasa Marga (JSMR) Pimpin Konsorsium Proyek Jalan Tol Patimban Rp 5 T

Perseroan, kata dia, menargetkan konversi kewajiban obligasi menjadi obligasi wajib konversi (OWK) dapat segera dilakukan. Seiring dengan itu, perseroan akan melangsungkan rapat umum pemegang obligasi (RUPO) pada 15 Februari 2023. Selain itu, perseroan akan menyelesaikan konversi penyelesaian utang vendor menjadi saham.

“Proses verifikasi tagihan vendor sudah selesai akhir tahun lalu. Kami targetkan transaksi konversi dapat dilakukan, setelah suspensi saham WSBP dicabut dan seluruh persetujuan korporasi diperoleh,” terang Asep.

Waskita Beton, kata dia, berkomitmen mengimplementasikan seluruh ketentuan perjanjian perdamaian dengan  senantiasa memperhatikan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik. 

Baca juga: Konsorsium Bakrie (BNBR) Bangun Kawasan Industri Nikel US$ 9 Miliar

Sebelumnya, Waskita mengantongi kontrak baru senilai Rp 1,37 triliun hingga Oktober 2022, sehingga total nilai kontrak yang dikelola mencapai Rp 3,29 triliun. Perolehan nilai kontrak tersebut berasal berasal dari proyek jalan tol Kayu Agung-Palembang- Betung II Seksi 2, tol Kataraja Tahap 1, dan tol Kayu Agung-Palembang-Betung 4 Seksi 3B. Selain itu, ada proyek jalan tol Kayu Agung-Palembang-Betung IV Seksi 2A, tol Kataraja Seksi I, dan tol Tebing Tinggi- Serbelawan (Seksi 3).

Total kontrak Rp 3,29 triliun yang dikantongi anak perusahaan PT Waskita Karya Tbk (WSKT) itu juga meliputi proyek tol Tebing Tinggi-Parapat Tahap I ruas Serbelawan -Siantar Seksi 4 dan proyek lainnya.

Rebuilding strength and sustainability. Tahun 2022 merupakan momen pemulihan dan perbaikan perusahaan untuk mencapai kinerja unggul kembali pasca-restrukturisasi,” ungkap Direktur Utama Waskita Beton Precast (WSBP) FX Poerbayu Ratsunu, belum lama ini.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com