Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart). Foto: PR/Beritasatu.com.

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart). Foto: PR/Beritasatu.com.

Alfamart Buka Restoran dan Kafe, Namanya Alfa X dan Bean Spot

Selasa, 4 Mei 2021 | 11:47 WIB
Abdul Aziz (abdul_aziz@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - Peritel modern, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) bakal melebarkan sayap bisnis dengan menambah bidang usaha restoran dan kafe. Pengelola gerai Alfamart ini akan membuka restoran dan kafe masing-masing dengan brand Alfa X dan Bean Spot.

Dalam hitung-hitungan Sumber Alfaria, penambahan bidang usaha restoran dan kafe bakal berdampak positif terhadap kinerja keuangan perseroan. Pendapatan dan laba kotor perseroan akan meningkat masing-masing sekitar 0,5% dan 1%.

“Pada tahun ketiga, operasional Alfa X dan Bean Spot sudah menghasilkan keuntungan,” jelas manajemen Sumber Alfaria Trijaya dalam keterbukaan informasi, Selasa (4/5).

Untuk menambah bidang usaha tersebut, Sumber Alfaria akan meminta persetujuan pemegang saham dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) yang bakal digelar pada Kamis (6/5) lusa.

Manajemen Sumber Alfaria mengungkapkan, rencana penambahan kegiatan usaha restoran dan kafe telah memenuhi seluruh aspek kelayakan, baik kelayakan pasar, kelayakan teknis, kelayakan pola bisnis, kelayakan model manajemen, maupun kelayakan keuangan.

Berdasarkan kalkulasi Sumber Alfaria, dalam 10 tahun masa proyeksi, Gerai Alfa X memiliki net present value (NPV) Rp 147,22 miliar dengan internal rate of return (IRR) 21,35%, payback period 6,3 tahun, dan discounted payback period 7,3 tahun.

Adapun coffee corner Bean Spot dalam 10 tahun masa proyeksi memiliki  NPV Rp 123,83 miliar dengan IRR 20,99%, payback period 6,5 tahun, dan discounted payback period 7,5 tahun.

“Dalam kegiatan usaha yang baru ini, kami tidak membutuhkan tenaga ahli khusus. Soalnya, kami telah memiliki divisi yang bertugas dalam penanganan penjualan dan penyajian makanan dan minuman,” tutur manajemen Sumber Alfaria.

Perubahan Gaya Hidup

Manajemen Sumber Alfaria menerangkan, rencana penambahan bidang usaha perseroan sejalan dengan perkembangan komposisi penduduk Indonesia berdasarkan usia sesuai Hasil Sensus Penduduk 2020 Badan Pusat Statistik (BPS).

“Perseroan memahami perubahan pola kebutuhan konsumen Indonesia saat ini terhadap makanan dan minuman cepat saji (nonkemasan) yang mudah didapatkan dan terjamin kualitasnya,” kata manajemen Sumber Alfaria.

Perseroan, menurut manajemen, menghadirkan Alfa X yang memiliki format minimarket modern, dilengkapi fasilitas tambahan, seperti tempat belajar/bekerja bersama (coworking space) dan penjualan serta penyajian makanan dan minuman. Per 31 Desember 2020, Sumber Alfaria mengoperasikan  15.434 gerai Alfamart di seluruh Indonesia.

“Strategi ini telah disesuaikan dengan perubahan gaya hidup (lifestyle) konsumen Indonesia yang semakin modern. Konsep Alfa X ini dikembangkan untuk menyesuaikan dengan karakteristik generasi muda saat ini,” papar manajemen Sumber Alfaria.

Berdasakan catatan Investor Daily, bisnis restoran dan kafe yang bakal dijalankan Sumber Alfaria mirip bisnis yang pernah digarap PT Modern Internasional Tbk lewat gerai 7-Eleven. Modern Internasional menutup seluruh gerai 7-Eleven pada 30 Juni 2017 dengan alasan kurangnya sumber daya untuk membiayai operasional gerai.

Editor : Abdul Aziz (abdul_aziz@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN