Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi investasi. Foto: Gerd Altmann (Pixabay)

Ilustrasi investasi. Foto: Gerd Altmann (Pixabay)

Asetku Ecommerce Kuasai 27,49% Saham Trimuda

Gita Rossiana, Rabu, 6 November 2019 | 20:09 WIB

JAKARTA, investor.id – Asetku Ecommerce Ltd, perusahaan berbasis di Hong Kong, menguasai 27,49% saham PT Trimuda Nuansa Citra Tbk (TNCA). Hal ini terjadi setelah Asetku mengambil alih saham milik PT Carita Karya Graha dan PT Asuransi Intra Asia.

Asetku memborong sebanyak 62,48 juta saham Trimuda milik Carita Karya Graha dan 28,91 juta saham milik Asuransi Intra Asia. Pengambilalihan ini membuat Asetku mengantongi sebanyak 115,91 juta saham Trimuda.

Pengambilalihan ini juga menggerus kepemilikan saham Asuransi Intra Asia dari 11,86% menjadi 5%. Sedangkan saham Carita Karya Graha menjadi 0% dari sebelumnya 14,82%. “Sementara Asetku menjadi pemilik saham Trimuda dengan kepemilikan 27,49%," kata Direktur Asetku Ecommerce Imam Michael Raza dalam keterangan resmi, Rabu (6/11).

Asetku sebelumnya menjadi pembeli siaga dalam aksi rights issue Trimuda. Sebagai pembeli siaga, Asetku mengambil alih saham baru yang tidak diambil oleh pemegang saham lama. Adapun dalam rights issue tersebut, Trimuda melepas sebanyak-banyaknya 632 juta saham dan harga pelaksanaan Rp 344 per saham. Dengan harga tersebut, perseroan meraup dana segar sebesar Rp 217 miliar.

Adapun dana dari hasil rights issue akan digunakan untuk mengakuisisi dan menyertakan modal di PT Asuransi Staco Mandiri dengan nilai masing-masing Rp 85 miliar dan Rp 126 miliar. “Dengan adanya akuisisi ini diharapkan bisa memberikan nilai tambah dan dapat meningkatkan layanan kepada konsumen dalam bentuk asuransi pengiriman barang," ujar manajemen perseroan.

Sebelumnya, Trimuda Nuansa Citra mencatatkan sahamnya (listing) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Juni 2018. Perseroan melepas 200 juta saham atau setara 47,43% melalui penawaran umum perdana (initial public offering/IPO). Harga IPO ketika itu Rp 150 per saham. Perseroan mengimpun dana segar sebesar Rp 30 miliar.

Sekitar 69,68% atau Rp 18,68 miliar dari hasil IPO akan digunakan untuk membayar kekurangan harga pembelian tanah gudang di wilayah Bekasi, dan sisanya 30% akan digunakan untuk modal kerja. 

Menurut Direktur Utama Trimuda Nuansa Citra Arifin Seman, perseroan mulai menjajaki kerja sama distribusi dengan lembaga- lembaga kepemerintahan. Salah satunya, perseroan mengharapkan dapat ambil bagian dalam distribusi logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) tahun depan.

Perusahaan yang bergerak dalam bisnis jasa pengiriman barang maupun kargo bermerek Garuda Express Delivery (GED) ini tengah mengikuti tender dari beberapa kementerian, seperti Kementerian Pertahanan dan Kementerian Perdagangan. 

Arifin mengatakan, pihaknya kini menunggu hasil pendekatan dan negosiasi dengan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan “Mereka membutuhkan angkutan alat-alat Tentara Nasional Indonesia (TNI),” ungkapnya.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA