Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta. Foto: BeritaSatu Photo/M Defrizal

Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta. Foto: BeritaSatu Photo/M Defrizal

BEI Perpanjang Batas Waktu Penyampaian Laporan Keuangan Emiten

Minggu, 18 Oktober 2020 | 18:01 WIB
Nabil Al Faruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id – Di tengah kondisi pandemi Covid-19, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memberikan relaksasi kepada perusahaan tercatat dan penerbit dalam penyampaian laporan keuangan tahunan dan laporan tahunan. Namun, BEI tetap berharap laporan tersebut bisa diberikan lebih awal.

“Pemberian relaksasi ini untuk mendukung para pelaku usaha, serta masyarakat tetap produktif dan aman dari ancaman wabah Covid-19 di tengah kebiasaan baru ini,” kata Sekretaris Perusahaan BEI Yulianto Aji Sadono dalam keterangan resmi.

Adapun relaksasi yang diberikan oleh BEI adalah perpanjangan batas waktu penyampaian laporan keuangan tahunan, laporan tahunan, dan laporan keuangan kuartal I bagi perusahaan tercatat dan penerbit melalui SPE-IDXnet, yakni selama 2 bulan dari batas waktu penyampaian laporan sebagaimana dimaksud dalam peraturan bursa.

Relaksasi lainnya yang diberikan oleh BEI adalah perpanjangan batas waktu penyampaian laporan keuangan tengah tahunan dan laporan keuangan kuartal III bagi perusahaan tercatat dan penerbit melalui SPE-IDXnet, yaitu selama 1 bulan dari batas waktu penyampaian laporan sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Bursa.

“Sehubungan dengan perpanjangan batas waktu tersebut, maka BEI menyesuaikan pengenaan notasi L bagi perusahaan tercatat,” ujar dia.

Yulianto menambahkan, dalam ketentuan relaksasi, laporan wajib disampaikan ke BEI berdasarkan ketentuan penyampaian laporan yang paling cepat berlaku bagi perusahaan tercatat dan penerbit tersebut.

Relaksasi ini dituangkan dalam keputusan Direksi PT Bursa Efek Indonesia Nomor: Kep-00089/BEI/10-2020 tanggal 15 Oktober 2020 perihal relaksasi batas waktu penyampaian laporan keuangan dan laporan tahunan yang diberlakukan mulai 15 Oktober 2020 sampai dengan batas waktu yang akan ditetapkan kemudian.

Dengan pemberlakuan keputusan tersebut, maka keputusan Direksi PT Bursa Efek Indonesia Nomor: Kep-00057/BEI/08-2020 tanggal 19 Agustus 2020 perihal relaksasi batas waktu penyampaian laporan keuangan tahunan, laporan keuangan kuartal I, laporan keuangan tengah tahunan, dan laporan tahunan dinyatakan dicabut dan tidak berlaku.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN