Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Mitra10 Banjarmasin. Foto:  PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP).

Mitra10 Banjarmasin. Foto: PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP).

Catur Sentosa Kembali Ekspansi Mitra10

Jumat, 11 Juni 2021 | 06:07 WIB
Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP), perusahaan distribusi terbesar dan terkemuka untuk bahan bangunan, kimia, dan consumer goods (FMCG), serta pemilik jaringan gerai ritel modern Mitra10 dan home furnishing Atria, kembali melakukan ekspansi dengan meresmikan Mitra10 Banjarmasin, Kamis (10/6).

Mitra10 Banjarmasin merupakan jejaring superstore Mitra10 ke-39 yang tersebar di 22 kota di seluruh Indonesia. Superstore yang dioperasikan oleh PT Catur Mitra Sejati Sentosa (CMSS) selaku anak usaha Catur Sentosa itu merupakan superstore pertama yang berlokasi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Mitra10 Banjarmasin menempati area seluas 2 hektare.

Adapun total bangunan menempati area seluas 7.000 m2 dengan selling area seluas 2.500 m2 yang menawarkan 25 ribu jenis produk (Stock Keep Unit/SKU). Lebih dari 80% merupakan produk dalam negeri berkualitas ekspor.

“Pemilihan Kota Banjarmasin tidak lepas dari potensi dan kondisi perekonomian di kota tersebut. Banjarmasin merupakan pusat perekonomian Kalimantan Selatan. Hal ini dapat dilihat dari masuknya beberapa pengembang besar nasional yang sudah masuk ke kota seribu sungai ini,” kata Idrus Widjajakusuma, corporate secretary Catur Sentosa Adiprana, dalam keterangan tertulis.

Isu perpindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur juga merupakan katalis pertumbuhan untuk kota-kota besar di Kalimantan, dimana perpindahan Ibu Kota tersebut akan mendorong pertumbuhan permintaan kawasan hunian dan komersial.

Hingga saat ini, Mitra10 telah beroperasi di wilayah kota-kota besar di Indonesia, yakni Jabotabek, Cikarang, Karawang, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Sidoarjo, Surabaya, Malang, Denpasar, Lampung, Palembang, Batam, Medan, Makassar, Balikpapan dan Banjarmasin.

Pada kuartal I-2021, Catur Sentosa berhasil membukukan lonjakan laba bersih sebesar 195% menjadi Rp 64 miliar dibandingkan periode sama tahun 2020 yang sebesar Rp 22 miliar. Pencapaian positif ini ditopang oleh kuatnya pertumbuhan pendapatan. Pada kuartal I-2021, Catur Sentosa membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp 3,5 triliun, tumbuh 13% dibandingkan periode sama tahun lalu Rp 3,1 triliun.

“Tahun ini, Catur Sentosa akan melanjutkan strategi ekspansi yang agresif untuk segmen ritel Mitra10 dan Atria, serta fokus pada private/house brand untuk meningkatkan profitabilitas. Kontribusi private brand menjadi penting karena dapat meningkatkan profil marjin yang lebih baik dan berujung pada peningkatan profitabilitas,” jelas Idrus.

Tahun ini, perseroan menargetkan membuka 4 superstore baru Mitra10 dan merelokasi 1 Mitra10 di Kalimalang (Bekasi). Adapun kota yang menjadi target ekspansi tahun ini adalah Banjarmasin (Kalsel), Palembang (Sulsel), Tegal, dan Semarang (Jateng).

Perseroan menargetkan untuk memiliki 50 gerai di tahun 2022-2023. Dengan demikian, pada akhir 2021, Mitra10 akan memiliki 42 jaringan toko di seluruh Indonesia. Adapun 8 toko baru akan dirampungkan pada tahun-tahun selanjutnya yang sempat tertunda karena pandemi.

Untuk mendukung rencana tersebut, Catur Sentosa menyiapkan belanja modal (capex) sebesar Rp 500 miliar tahun ini, dimana 80% dari capex dialokasikan untuk membiayai ekspansi Mitra10 dan Atria. Adapun target pertumbuhan konsolidasi Catur Sentosa tahun ini sebesar 10%. Segmen distribusi ditargetkan tumbuh sebesar 6% dan segmen ritel ditargetkan tumbuh sebesar 15%.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN