Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi air minum dalam kemasan CLEO 220 ml, yang diproduksi PT   Sariguna Primatirta Tbk.

Ilustrasi air minum dalam kemasan CLEO 220 ml, yang diproduksi PT Sariguna Primatirta Tbk.

CLEO Optimistis Penjualan Naik 10% di Semester II/2020

Jumat, 31 Juli 2020 | 20:24 WIB
Muhammad Ghafur Fadillah (muhamad.ghafurfadillah@beritasatumedia.com)

 

JAKARTA - PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) optimistis penjualan pada semester II dapat meningkat hingga 10% seiring dengan New Normal yang digaungkan pemerintah. Selain itu perseroan juga menerbitkan sejumlah produk baru untuk meningkatkan penetrasi di masa pandemi.

Direktur Penjualan dan Distribusi Sariguna Primatirta, Toto Sucartono menjelaskan pada semester kedua mendatang perseroan akan fokus menggenjot penjualan produk perseroan yakni Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) pada sektor pasar tradisional atau General Trade sebagai upaya perseroan menyiasati penjualan yang menurun di segmen Modern Trade.

"Akibat PSBB penjualan kepada pelanggan di Modern Trade seperti swalayan berkurang secara signifikan, seperti pada maskapai penerbangan, restoran dan kafe. Penjualan pada supermarket juga ikut menyusut," jelasnya usai paparan publik virtual, Kamis (30/7).

Menurut Toto penjualan pada segmen General Trade lebih menjanjikan pada masa pandemi karena cenderung lebih stabil. Pada segmen ini pihaknya berniat memperbesar penetrasi dengan sejumlah produk baru yang bernama Cleo Smart yakni air minum dalam kemasan botol berukuran 220 ml sebagai pendukung produk-produk yang sudah ada.

"Ke depannya kami memproyeksikan penjualan pada lini General Trade dapat berkontribusi hingga 70%, kemudian dari penjualan kepada pasar modern akan menyumbang sekitar 20% dari total penjualan," ujarnya

Untuk memuluskan rencana ini pihaknya akan memastikan ketersediaan produk-produk lewat distribusi secara baik. Saat ini Sariguna Primatirta tercatat memiliki 120 distributor. Perseroan juga kedepannya berkomitmen untuk terus mengembangkan produk-produk baru seperti Ecogreen yang akan diluncurkan pada Agustus mendatang.

Sementara itu akibat pandemi yang berkepanjangan membuat sejumlah rencana ekspansi tertunda. Untuk diketahui pada tahun 2020, perseroan berniat mendirikan dua pabrik baru di Lampung dan Balikpapan dengan kapasitas masing-masing diproyeksikan dapat memproduksi 1 juta liter.

Menilik laporan keuangan perseroan, pada semester pertama di 2020, emiten berkode saham CLEO ini membukukan penjualan bersih sebanyak Rp 493,94 miliar meningkat 0,40% dari sebelumnya pada periode yang sama pada tahun 2019 perseroan membukukan penjualan sebanyak Rp 491.98 miliar. “Raihan ini bisa kami dapatkan karena efisiensi yang kami lakukan dari segi operasional,” kata Toto.

Efisiensi yang dilakukan perseroan ini terbukti mampu menekan beban pokok penjualan sebanyak 12,03% menjadi Rp 280,60 miliar. Alhasil perseroan membukukan laba kotor sebanyak Rp 213,34 miliar. Perseroan juga mendapatkan pemasukan tambahan dari pendapatan sewa sejumlah Rp 2.38 miliar.

Kantong perseroan juga dipertebal oleh keuntungan dari selisih kurs yakni Rp 680.99 juta sebelumnya pada segmen ini perseroan malah menderita rugi Rp 648,43 juta. Dengan menurunnya sejumlah beban tersebut membuat perseroan mengantongi laba bersih naik 1,20% menjadi Rp 64,70 miliar.

Di sisi lain berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar pada Kamis (30/7) lalu, Sariguna Primatirta sepakat untuk absen membagikan dividen tahun buku 2019 lantaran saat ini perseroan masih aktif melakukan berbagai ekspansi dan investasi. Manajemen berharap pada tahun 2021 mendatang dapat membagikan dividen tunai kepada para pemegang saham. (fur)

 

Editor : Fajar Widhi (fajar_widhi@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN