Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Bank Mayapada

Bank Mayapada

Dato Sri Tahir Siap Eksekusi Rights Issue Bank Mayapada

Jumat, 27 November 2020 | 22:50 WIB
Nida Sahara ( nida.sahara@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT Bank Mayapada Internasional Tbk akan melaksanakan penawaran umum terbatas (PUT) dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue untuk mengerek permodalannya. Pemegang saham pengendali (PSP) Dato Sri Tahir berkomitmen untuk mengeksekusinya.

Bank Mayapada berencana menerbitkan sebanyak-banyaknya 5 miliar lembar saham baru Seri B atau sebesar 42,26% dari modal disetor setelah terlaksananya PUT XIII dengan nominal Rp 100 per saham.

Dato Sri Tahir mengungkapkan, pihaknya siap untuk mengambil peran dalam rights issue tersebut. Di sisi lain, pihaknya juga belum mengetahui terkait komitmen dari pemegang saham lainnya, termasuk Cathay Life Insurance Co Ltd.

"Iya pasti (eksekusi), kami belum tahu (komitmen Cathay)," kata Dato Sri Tahir kepada Investor Daily, Jumat (27/11).

Dato Sri Tahir. Foto: Investor Daily/GAGARIN
Dato Sri Tahir. Foto: Investor Daily/GAGARIN

Dengan meningkatnya kinerja dan daya saing perseroan, diharapkan pula dapat meningkatkan imbal hasil nilai investasi bagi seluruh pemegang saham perseroan.

Selain itu penambahan modal ini juga memberikan pengaruh kepada pemegang saham yang tidak melaksanakan HMETDnya yaitu akan terkena dilusi atas persentase kepemilikan saham perseroan.

Rencana penambahan modal dengan HMETD perseroan ini diharapkan dapat memperkuat struktur permodalan perseroan, sehingga dapat menambah kemampuan Bank Mayapada untuk meningkatkan kegiatan usaha, kinerja perseroan dan daya saing dalam industri yang sama." tulis Manajemen Bank Mayapada dalam keterbukaan informasi, Jumat (27/11).

Seluruh dana yang diperoleh dari PUT XIII, setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi, akan dipergunakan seluruhnya oleh  perseroan untuk memperkuat struktur permodalan dalam meningkatkan aktiva produktif dalam bentuk kredit.

Direktur Utama Bank Mayapada Hariyono Tjahjarijadi
Direktur Utama Bank Mayapada Hariyono Tjahjarijadi

Sebelumnya, Direktur Utama Bank Mayapada Hariyono Tjahjarijadi mengatakan pada kuartal IV akan melakukan PUT XIII untuk menggenjot permodalan.

"Kita sudah proses untuk PUT XIII, dan kita lakukan di kuartal IV. Dengan adanya PUT XIII nanti CAR kami ada di kisaran 18-19%, kalau CAR di Juni sekarang 17,1%," kata Hariyono saat public expose (16/7).

Menurut Hariyono, dalam aksi korporasi tersebut, rencananya konglomerat Dato Sri Tahir akan mengeksekusinya. Apabila, Cathay tidak turut serta dalam PUT XIII atau rights issue tersebut, maka opsi lainnya yakni penempatan modal langsung (private placement). 

"Cathay ini bisa juga melalui private placement. Tapi saya tidak bisa bicara karena masih diproses. Sekarang uji tuntas selesai, kita tunggu keputusan apakah bisa lewat HMETD (hak memesan efek terlebih dahulu) atau private placement, yang pasti ada salurannya," sambung dia.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN