Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Dharma Satya Nusantara Tbk . Foto: Perseroan.

PT Dharma Satya Nusantara Tbk . Foto: Perseroan.

Dharma Satya Nusantara Masuk Indeks SRI-KEHATI

Jumat, 27 November 2020 | 14:11 WIB
Nabil Alfaruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id — PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG) terpilih masuk dalam Indeks SRI-KEHATI periode Desember 2020 - Mei 2021. Hal ini sejalan dengan komitmen perseroan dalam menerapkan prinsip perkebunan secara berkelanjutan.

Masuknya perseroan dalam Indeks SRI-KEHATI merupakan bukti nyata komitmen perusahaan untuk menerapkan aspek keberlanjutan dalam menjalankan aktivitas usahanya melalui penerapan praktek bisnis yang memperhatikan aspek lingkungan sosial dan tata kelola perusahaan yang baik.

Direktur Utama Dharma Satya Nusantara, Andrianto Oetomo mengatakan, perseroan bertekad untuk menerapkan kebijakan Environmental, Social dan Governance dalam menjalankan bisnis dan proses produksi. “Maka demikian, kami bisa menghasilkan minyak kelapa sawit sesuai dengan standar dan sertifikasi dari lembaga yang berkompeten,” ujar dia dalam siaran pers, Jumat (27/11).

Untuk diketahui, Indeks SRI-KEHATI mengukur kinerja harga saham dari 25 perusahaan tercatat yang memiliki kinerja baik dalam mendorong usaha berkelanjutan, serta memiliki kesadaran terhadap lingkungan hidup, sosial, dan tata kelola perusahaan yang baik atau disebut Sustainable and Responsible Investment (SRI). Indeks SRI-KEHATI diluncurkan dan dikelola bersama Yayasan KEHATI.

Berdasarkan pengumuman Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 24 November 2020, BEI bersama Yayasan Keanekaragaman Hayati (KEHATI) melakukan rebalancing pada indeks SRI-KEHATI untuk periode Desember 2020 sampai dengan Mei 2021. Terdapat lima saham yang masuk dan lima saham yang keluar dari indeks ini. Perseroan menjadi salah satu dari lima saham yang yang menjadi anggota baru Indeks SRI-KEHATI.

Menurut Andrianto, dalam beberapa tahun terakhir ini, perseroan berfokus dalam menerapkan standar keberlanjutan dengan mengedepankan pengurangan limbah dan polusi sebagai bentuk penerapan dari circular economy.

Selain itu, perseroan berkomitmen untuk meminimalkan sumber daya yang tidak terbarukan dan meningkatkan pemanfaatan sumber daya terbarukan, seperti mengolah limbah cair pabrik kelapa sawit menjadi energi melalui pembangunan Bio-CNG Plant, sehingga mengurangi penggunaan fossil fuel sekaligus mengurangi emisi gas rumah kaca.

Dari sisi sosial, perseroan juga mendorong dampak sosial yang positif dan peningkata mata pencaharian masyarakat secara proakttif dan partisipatif.

“Kami juga mendukung masukinya petani kecil ke dalam rantai pasokan minyak sawit dan secara aktif mempromosikan kebijakan no deforestation no peat dan no exploitation,” ujar dia.

Sebelumnya, dikabarkan bahwa perseroan melalui anak usahanya,  PT Agro Pratama (AP) melakukan kerja sama kemitraan strategis dengan Verdant Bioscience Pte Ltd.  Verdant Bioscience  merupakan perusahaan Singapura yang bergerak di bidang kultur jaringan kelapa sawit.

Kemitraan tersebut dilakukan untuk mengembangkan teknologi bibit kelapa sawit hibrida, berkualitas unggul di Indonesia. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan penyertaan investasi AP ke dalam Verdant dan anak usahanya (Verdant Group), sekaligus penandatanganan perjanjian kerja sama antar pemegang saham dengan Verdant yang dilakukan pada hari Kamis, 12 November 2020.

Perseroan akan menjadi mitra Indonesia yang memegang saham Verdant bersama dengan mitra lainnya, seperti Ackermans & Van Haaren NV, Belgia dan SIPEF, Belgia, serta Biosing Pte Ltd, Singapura. “Investasi ini senilai US$ 5 juta, perseroan melalui AP secara kumulaitf akan memiliki minoritas saham sebesar 15% pada Verdant Group,” ujar dia.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN