Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Darmi Bersaudara Tbk (KAYU). Foto: IST

PT Darmi Bersaudara Tbk (KAYU). Foto: IST

Dipicu Pandemi Covid-19, Darmi Bersaudara Tunda Sejumlah Rencana Bisnis

Rabu, 13 Januari 2021 | 15:43 WIB
Nabil Alfaruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id - PT Darmi Bersaudara Tbk (KAYU) berencana menunda sejumlah rencana bisnis tahun ini, seiring dengan kondisi perekonomian yang masih terpengaruh pandemi Covid-19. Di antaranya peluncuran produk baru dan penambahan negara tujuan ekspor.

Direktur Darmi Bersaudara Lie Kurniawan mengatakan, perseroan sedang wait and see untuk meluncurkan produk baru, yakni flooring dan decking. Aksi ini sebagai respons pandemi yang berimbas negatif terhadap belum pulihnya ekonomi, sehinga risikonya besar untuk menjual produk baru ke pasar baru.

“Kecil kemungkinan untuk meluncurkan kedua produk baru tersebut tahun ini, mengingat vaksin tidak menjamin pandemi akan berakhir dan membutuhkan waktu sampai daya beli masyarakat pulih,” ujar dia kepada Investor Daily di Jakarta, Rabu (13/1).

Begitu juga dengan aksi perluasan pasar ke Australia dan Korea Selatan, menurut dia, kemungkinan menunggu situasi lebih baik. “Kami akan mengkaji lagi apakah pasar baru Australia dan Korea Selatan ini bisa dilanjutkan atau tidak pada tahun depan,” ujar dia.

Meskipun demikian, perseroan tengah memfokuskan peningkatan penetrasi pasar ke India. Menuru Lie, pasar India memilik jumlah permintaan yang masih besar, meskipun perekonomian disana masih melemah. Hal ini mendorong perseroan menetapkan target penjualan tahun ini mencapai Rp 114,66 miliar dengan kontribusi penjualan ekspor India sebesar 90%.

Sebagai informasi, perseroan telah membuka kantor perwakilan di Kolkata, India pada kuartal IV-2019. Aksi ini dilakukan untuk mewujudkan operasional perseroan di tahun 2021. Kantor perwakilan bertujuan untuk memperpendek jalur penjualan langsung kepada end user. Merebaknya pandemik Covid-19 di seluruh dunia mendorong perseroan untuk memaksimalkan upaya memangkas jalur distribusi produk dan logistik yang terganggu akibat kebijakan karantina dari pemerintah lokal.

Fungsi taktis kantor perwakilan Perseroan ini berperan sentral di dalam penetrasi ke pasar di India selama periode pandemik Covid-19 ini, yang tercermin pada volume ekspor/ penjualan yang tumbuh cukup signifikan sebagaimana tercermin pada kuantitas kontainer yang berhasil dikapalkan perseroan selama kurun waktu Juni – Oktober 2020.

Pada Oktober 2020 kantor perwakilan di India mampu mendongkrak penjualan ekspor perseroan bertumbuh sebesar 73,52% dari posisi pada akhir tahun 2019 lalu.

Right Issue

Pada Senin (11/1), perseroan telah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) untuk persetujuan penambahan saham baru dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau right issue dengan menerbitkan saham baru sebanyak Rp 30 miliar dan nilai nominal Rp 100 per saham.

“Pada semester I-2021, kami menargetkan pelaksanaan right issue, rencananya menggunakan buku Desember 2020 dan kami sudah mendapatkan persetujuan dari RUPSLB. Dana yang didapatkan dari aksi korporasi tersebut akan digunakan untuk modal kerja Darmi Bersaudara,” ujar dia.

Lie menambahkan, dalam penyelenggaraan HMETD tersebut sudah ada beberapa pihak yang berminat untuk menjadi pembeli siaga. Namun perseroan saat ini belum bisa untuk menginformasikan pihak yang tertarik tersebut. “Untuk harga pelaksana belum ditentukan, kami akan melakukan diskusi terlebih dahun dengan underwriter sebelum menentukan harga,” ujar dia.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN