Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Chef Renatta Moeloek dari Dailybox Ajak UMKM Kirim Resep dan Kreasi Masakan dalam Selalu Ada Harapan

Chef Renatta Moeloek dari Dailybox Ajak UMKM Kirim Resep dan Kreasi Masakan dalam Selalu Ada Harapan

Dipimpin Vertex Ventures, Dailybox Raih Pendanaan Seri A

Kamis, 22 Juli 2021 | 16:36 WIB
Lona Olavia

JAKARTA, Investor.id - Dailybox, perusahaan startup makanan dan minuman, meraih pendanaan seri A dengan nilai berkisar US$ 1-5 juta. Pendanaan ini dipimpin oleh Vertex Ventures SEA beserta Kinesys Group.

Co-Founder dan CEO Dailybox Kelvin Subowo mengatakan, Dailybox berencana untuk mempercepat ekspansi bisnis ke seluruh Indonesia dan mengembangkan sistem Dapur Terpusat setelah mendapatkan pendanaan tersebut. Saat ini, Dailybox telah hadir di beberapa kota di Pulau Jawa, Bali, dan Sumatera Utara. Pada Agustus 2021, Dailybox berencana membuka gerai pertamanya di Kalimantan, tepatnya di kota Pontianak.

“Pandemi yang telah terjadi sejak 2020 telah membawa dampak yang luar biasa di setiap aspek, tak terkecuali industri makanan dan minuman. Namun, kondisi tersebut tidak menghalangi pertumbuhan bisnis Dailybox. Pada Maret 2021, pendapatan kotor Dailybox secara grup juga telah tumbuh hingga 700%, dibandingkan periode sama tahun lalu,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (22/7).

Tahun 2020, total gerai Dailybox telah tumbuh hingga 300%. Perseroan juga telah berkolaborasi dengan Chef Juna Rorimpandey dan Chef Renatta Moeloek untuk menghadirkan masakan nusantara menjadi F&B brand yang memiliki jumlah cloud kitchen terbanyak di Indonesia.

Pertumbuhan bisnis Dailybox berbanding lurus dengan prediksi pertumbuhan industri layanan pesan antar makanan di Asia Tenggara. Laporan Google Temasek, Bain & Company tahun 2020 menyatakan bahwa Gross Merchandise Volume (GMV) industri layanan pesan antar makanan di Asia Tenggara diprediksi mencapai US$ 23 miliar pada 2025. Angka tersebut menunjukkan tingkat pertumbuhan rata-rata per tahun di industri hampir 30%.

“Selama pandemi, 80% penjualan Dailybox berasal dari layanan pesan antar makanan online. Angka tersebut sejalan dengan fokus utama bisnis Dailybox yang berfokus pada layanan pesan antar makanan,” tambah Kelvin.

Managing Partner Kinesys Group Steven Vanada menuturkan, Kinesys memiliki visi untuk mendukung pertumbuhan bisnis startup lokal. Sejak awal, pihaknya berfokus untuk memberikan pendanaan pada startup yang tidak hanya memiliki model bisnis yang bagus, tapi juga memiliki rencana profitabilitas yang jelas dan berkelanjutan.

“Pertumbuhan bisnis Dailybox yang luar biasa. Bahkan, di tengah pandemi, Dailybox berhasil tumbuh didukung inovasi dan adaptasi dengan cepat dalam menghadapi situasi yang menantang sekalipun,” katanya.

Dailybox merupakan bagian dari The Daily Group atau PT Sendok Garpu Internasional, yang berdiri sejak tahun 2018. Grup ini menaungi beberapa brand F&B lainnya seperti menu sushi-to-go, Shirato dan minuman segar, Anytime.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN