Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart). Foto: PR/Beritasatu.com.

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart). Foto: PR/Beritasatu.com.

Ekspansi Toko, Sumber Alfaria Trijaya Siapkan Rp 2,5 Triliun

Minggu, 22 November 2020 | 10:27 WIB
Ghafur Fadillah

JAKARTA, investor.id  - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) ekspansif, dengan menyiapkan dana sebesar Rp 2,5 triliun yang akan digunakan untuk membuka sebanyak 500 hingga 750 gerai baru pada tahun 2021 mendatang.

Corporate Secretary Sumber Alfaria Trijaya Tomin Widian menjelaskan, realisasi rencana tersebut akan bergantung pada kepastian penyediaan vaksin pada kuartal II- 2021. Lantaran saat ini tingkat kunjungan masyarakat masih lemah semenjak pandemi.

“Selain untuk pembukaan toko baru, dana tersebut juga akan kami gunakan sebagai perpanjangan toko-toko eksisting,” jelasnya dalam keterangan resmi, belum lama ini.

Untuk diketahui, selama periode 9 bulan di 2020, perseroan tetap membuka sebanyak 996 toko dan terpaksa menutup sebanyak 250 toko, jumlah penutupan ini berangsur pulih semenjak pemerintah memutuskan untuk memberikan kelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Adapun hingga akhir kuartal III-2020, total gerai perseroan berjumlah 15.102 gerai.

Di sisi lain, untuk tetap bertahan di tengah pandemi, perseroan telah menyiapkan beberapa strategi, diantaranya yakni dengan meningkatkan mutu pelayanan bagi konsumen dan menggenjot penjualan secara online/daring.

Tomin menegaskan perseroan memiliki dua channel online yakni Alfacart dan  Alfagift yang berfokus kepada Business To Customer (B2C) maupun Business To Customer (B2B). Alfacart juga bekerja sama dengan platform digital lainnya yaitu GoMart milik Gojek dan Blibli. Sehingga konsumen dapat berbelanja melalui aplikasi tersebut.

“Kendati segmen Alfagift ini meningkat signifikan, namun secara keseluruhan kontribusinya masih kecil, tapi kami yakin pangsa pasar online di Indonesia masih sangat besar,”kata dia.

Sementara itu, dari segi kinerja keuangan, pada kuartal-III 2020, emiten berkode saham AMRT ini membukukan pendapatan bersih sebanyak Rp 56,36 triliun, perolehan ini naik  4,16% dibanding periode sama tahun sebelumnya Rp 54,11 triliun.

Secara rinci penjualan makanan di gerai Alfamart bertumbuh 2,29% atau menyumbang Rp 37,46 triliun, sedangkan segmen minuman menyumbang Rp 18,88 triliun, terkerek 8,07% dibanding tahun sebelumnya.

“Kontribusi yang paling besar dalam penjualan adalah kategori Cooking and Seasoning misalnya minyak goreng. Selain itu juga ada covid-kits, yaitu seperti masker, hand sanitizer, dan bahan pembersih/desinfektan dan juga produk yang sedang promo,” jelas dia.

Secara geografis, wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) menyumbang Rp 19,37 triliun, Jawa sebanyak Rp 19,52, dan diluar Jawa 15,20 triliun. Meskipun begitu, pada periode ini Sumber Alfaria malah menderita laba turun sebanyak 1,82% menjadi Rp 638,40 miliar, dibanding sebelumnya Rp 650,23 miliar.

“Hal ini disebabkan oleh pengurangan jam operasional yang mempengaruhi pendapatan fee based income, selain itu penurunan penghasilan sewa tempat dan bangunan turut mempengaruhi laba bersih yang dihasilkan oleh perseroan,”pungkasnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN