Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Salah satu proyek PT Wijaya Karya Tbk atau Wika. Foto: Perseroan.

Salah satu proyek PT Wijaya Karya Tbk atau Wika. Foto: Perseroan.

Emiten BUMN Infrastruktur dan Konstruksi Siapkan IPO Anak Usaha

Jumat, 27 November 2020 | 12:54 WIB
Gita Rossiana (gita.rossiana@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Sejumlah emiten BUMN infrastruktur dan konstruksi tengah mempersiapkan rencana penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham sejumlah anak usahanya. Aksi ini bertujuan untuk mendapatkan sumber pendanaan baru ke depan.

Emiten infrastruktur pertama adalah PT Jasa Marga Tbk (JSMR) yang tengah mempersiapkan IPO anak usahanya, yakni PT Jasa Marga Related Business (JMRB). Sekretaris Perusahaan Jasa Marga Agus Setiawan mengatakan, IPO anak usha ini akan dilakukan dalam beberapa tahun ke depan. "Saat ini, JMRB masih dalam tahap persiapan dengan melakukan kajian terkait IPO tersebut," ujar dia dalam keterangan resmi.

Menurut Agus, JMRB memiliki bisnis yang prospektif di bidang pengembangan kawasan di sekitar jalan tol dan usaha lainnya, sehingga dengan IPO saham, JMRB bisa memiliki pendanaan yang cukup untuk mendukung pengembangan bisnis ke depan.

Kini, JMRB sedang gencar melakukan ekspansi bisnis, salah satunya dengan mengembangkan Toll Corridor Development (TCD). Hal ini dilakukan sejalan dengan terus bertambahnya ruas jalan tol yang dikembangkan Jasa Marga.

JMRB sudah dipercaya untuk mengembangkan sejumlah bisnis yang memanfaatkan sektor utama Jasa Marga, yakni pengembangan dan pengelolaan rest area, pengelolaan media periklanan, dan utilitas di rumija tol maupun rest area, building management, hingga properti hunian.

Selain Jasa Marga, emiten infrastruktur lain yang akan melakukan IPO untuk anak usaha adalah PT Wijaya Karya Tbk (WIKA). Sekretaris Perusahaan Wijaya Karya Mahendra Vijaya mengatakan, Wika berencana membawa IPO saham anak usahanya, PT Wika Realty. Aksi korporasi ini awalnya ditargetkan tahun ini, namun tertunda menunggu kelanjutan rencana Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk pembentukan holding perhotelan. "Rencana IPO Wika Realty akan dilakukan setelah holding perhotelan rampung," ungkap dia.

Tak ketinggalan, PT Adhi Karya Tbk (ADHI) juga akan melakukan IPO anak usaha, PT Adhi Commuter Properti (ACP) pada Juni tahun 2021. Bahkan, perseroan telah menetapkan target dana IPO saham hingga Rp 1,5 triliun.

Direktur Keuangan Adhi Karya Agung Dharmawan mengatakan, rencana IPO ACP memang sempat tertunda akibat pandemi Covid-19 dan faktor lainnya. "Namun kami melihat adanya tanda-tanda pemulihan pada Desember 2020 dengan adanya penemuan vaksin dan lainnya sehingga sekitar April dan Juni 2021 kondisi mulai membaik dan ACP bisa melakukan IPO," kata dia.

Dana hasil IPO saham ini akan digunakan untuk membiayai proyek-proyek yang sedang dikerjakan ACP. Untuk menambah dana ekspansi tersebut, Adhi Karya melalui anak usahanya juga akan menerbitkan medium term notes (MTN) sekitar Rp 500 miliar tahun ini. Kemudian tahun depan dan sebelum IPO ACP, perusahaan akan kembali menerbitkan surat utang.

Terakhir, emiten konstruksi BUMN yang akan melakukan IPO anak usaha adalah PT Waskita Karya Tbk (WSKT). Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono mengatakan, IPO saham anak usaha kemungkinan diwujudkan tahun depan, namun Waskita Karya belum mau menjelaskan secara detail anak usaha yang akan IPO dan juga target dana yang bisa diperoleh. "Yang akan IPO, salah dari empat anak usaha kami," papar dia.

Adapun Waskita Karya memiliki empat anak usaha yang dimiliki secara langsung, yaitu PT Waskita Toll Road (WTR), PT PT Waskita Karya Realty (WKR), dan PT Waskita Karya Infrastruktur (WKI). Sebelumnya, anak usaha Waskita Karya yang lain, yakni PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) sudah melakukan IPO terlebih dahulu.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN