Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kunjungan Henan Putihrai

Kunjungan Henan Putihrai

Global Wakaf-ACT dan HP Sekuritas Terbitkan Layanan Wakaf Saham

Nabil Al Faruq, Kamis, 10 Oktober 2019 | 13:37 WIB

JAKARTA, investor.id — Global Wakaf-ACT bersama dengan PT Henan Putihrai Sekuritas (HP Sekuritas) terbitkan layanan wakaf saham untuk mempermudah dan memfasilitasi para investor untuk mensucikan harta sekaligus bersedekah melalui zakat.

Presiden Direktur Global Wakaf Syahru Aryansah mengatakan, wakaf saham tersebut nantinya akan menjadi tempat sinergi antara empat pihak untuk melakukan transaksi jual beli saham syariah. “Empat pihak tersebut anatara lain Global Wakaf sebagai nazir, Perusahaan Efek HP Sekuritas, BEI sebagai regulator, dan masyarakat yang ingin melakukan transaksi saham syariah,” ujarnya dalam pembukaan perdagangan saham, Kamis (10/9).

Layanan Wakaf Saham bertujuan untuk mengajak masyarakat ataupun perusahaan untuk berinvestasi sekaligus berwakaf saham. Mekanisme wakaf saham tersebut dapat dilakukan terhadap saham syariah dan hasil investasinya.

“Contoh, investor membeli saham 10 lot. 5 dari 10 lot nya itu diinvestasikan untuk pribadi dan sisanya 5 slot lagi diinvestasikan dalam bentuk wakaf,” ujar Syahru.

Dia menambahkan, saham dan hasil investasi saham yang diwakafkan nantinya akan digunakan untuk menunjang program wakaf produktif yang memberdayakan masyarakat. Salah satunya program Ritel Wakaf, di mana kehadiran program tersebut telah membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat disekitar ritel tersebut. 

“Dengan adanya program-program tersebut, masyarakat diharapkan dapat berkontribusi mewakafkan harta tebaiknya. Selain agar nilai sahamnya bertumbuh untuk pribadi, investasi untuk akhirat bisa tercapai,” kata Syahru.

Disisi lain, Direktur Pasar Modal Syariah OJK Fadilah Kartikasari mengungkapkan, hingga saat ini sudah terdapat 15 perusahaan sekuritas yang terdaftar sebagai Sistem Online Trading Syariah (SOTS). Namun, dari ke 15 sekuritas tersebut, baru ada 9 yang berminat menerbitkan layanan seperti wakaf saham.

"Dan sudah ada 3 sekuritas yang meluncurkan layanan tersebut, seperti MNC Sekuritas, BNI Sekuritas, dan hari ini HP Sekuritas," Jelas Fadilah.

Kemudian, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana tahun depan akan menerbitkan Sukuk Wakaf. “Saat ini masih dalam tahap kajian, kita masih memperkenalkan sukuk tersebut kepada pihak tertentu,” ujar dia.

Hingga saat ini, perkembangan pasar modal syariah mengalami peningkatan. Peningkatan jumlah investor syariah pada tahun 2011 mencapai 500 investor. “Per 30 September 2019, jumlah investor syariah meningkat menjadi 61.131 ribu investor dalam kurun waktu kurang dari 8 tahun,” ujar Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan BEI Kristian S Manullang.

Global Wakaf

Global Wakaf merupakan bagian dari Global Islamic Philantrophy. Perusahaan ini adalah nadzir pengelola objek wakaf dari masyarakat yang dikelola secara profesional, amanah, berjangkau secara global melalui program dan aset wakaf produktif (tunai, aset tetap dan saham).

Sebagai informasi, Global Wakaf sebelumnya telah bekerja sama dengan BNI Sekuritas dalam peluncuran layanan wakaf saham.

Syahru mengatakan bahwa untuk memberikan layanan secara ekslusif kepada investor wakaf saham, BNI Sekuritas juga telah membangun Galeri Wakaf Saham yang berlokasi di Gedung Menara 165. Galeri tersebut merupakan hasil kerjasama kedua pihak sebagai komitmen dalam optimisme inklusi pasar modal syariah serta filantropi melalui wakaf saham.

Saat ini Global Wakaf sedang fokus terhadap pangan, dengan adanya program ini berpotensi membangun kebutuhan daerah lokal akan pangan dengan beberapa program sepeti lumbung padi wakaf, dan lumbung ternak wakaf, lalu ke depannya global wakaf berencana untuk membangaun kawasan terpadu wakaf yang nantinya akan memuat produk dari hulu ke hilir. 

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA