Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Indofood CBP.

Indofood CBP.

Indofood CBP Jajaki Akuisisi Pinehill Corpora dan Steele Lake Limited

Gita Rosiana, Rabu, 12 Februari 2020 | 12:09 WIB

JAKARTA, investor.id - PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) mendapatkan penawaran untuk mengakuisisi perusahaan yang berbasis di British Virgin Island, Pinehill Corpora Limited dan Steele Lake Limited. Saat ini, perseroan sedang melakukan uji kelayakan (due dilligence) atas penawaran tersebut.

Sekretaris Perusahaan Indofood CBP Sukses Makmur Gideon A Putro mengatakan, perseroan mendapatkan penawaran untuk mengakuisisi seluruh saham Pinehill Corpora Limited dan Steele Lake Limited pada 11 Februari 2020. Namun, perseroan tidak bisa langsung memutuskan untuk menerimanya atau tidak.

"Untuk menjajaki penawaran tersebut, perseroan akan melakukan uji kelayakan (due dilligence) atas Grup Pinehill sebelum memutuskan untuk menerima atau tidak," jelas dia dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu, (12/2).

Gideon mengungkapkan, apabila perseroan menerima tawaran tersebut, perseroan akan menyampaikannya dalam keterbukaan informasi. Keterbukaan informasi memuat syarat dan ketentuan mengenai rencana transaksi dalam keterangan yang lebih rinci.

Adapun Pinehill Corpora Limited (Grup Pinehill) merupakan sebuah perusahaan holding yang memiliki empat anak usaha.  Kegiatan usaha utama Grup Pinehill adalah di bidang pembuatan mie instan untuk Arab Saudi, Nigeria, Turki, Mesir, Kenya, Maroko dan Serbia.

Grup Pinehill menggunakan merek 'Indomie' berdasarkan perjanjian lisensi dengan PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), induk usaha Indofood CBP Sukses Makmur.

Selain memproduksi mie instan, Indofood CBP Sukses Makmur juga menjalankan usaha di bidang minuman. Belum lama ini, Indofood CBP Sukses Makmur menghentikan  kerja samanya dengan Pepsico Inc. Gideon mengungkapkan, kerja sama dengan Pepsico sebelumnya dilakukan melalui entitas anak usaha, PT Anugerah Indofood Beverage Makmur (AIBM). 

"AIBM memproduksi, menjual dan mendistribusikan secara ekslusif minuman non alkohol dengan merek Pepsico di seluruh wilayah Indonesia sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan," jelas dia.

Pada Oktober 2019, Gideon menjelaskan, kerja sama yang sudah terjalin selama 5 tahun tersebut berakhir karena tenor kerja sama yang berakhir. "AIBM dan Pepsico sepakat untuk tidak melanjutkan exclusive bottling agreement (EBM) karena alasan komersial," jelas dia.

Perseroan tidak dapat mengungkapkan secara detail dampak berakhirnya kerja sama tersebut terhadap pendapatan perseroan. Namun berakhirnya kerja sama ini tidak menimbulkan dampak yang material terhadap pendapatan perseroan.

Gideon melanjutkan, perseroan ke depannya akan terus mengembangkan usaha di bidang minuman. "Saat ini, perseroan memiliki portofolio produk minuman seperti teh siap minum, air minum dalam kemasan, serta minuman rasa buah dengan merek Ichi Ocha, Club dan Frutamin," ujar dia.

Kinerja

Hingga kuartal III-2019, Indofood CBP Sukses Makmur membukukan kinerja yang positif. Perseroan membukukan laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 3,89 triliun, meningkat 11,5% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai Rp 3,48 triliun.

Sedangkan laba usaha meningkat 16,7% menjadi Rp 5,81 triliun dari Rp 4,97 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya dengan marjin laba usaha yang meningkat menjadi 17,7%.

Perolehan laba ini berasal dari penjualan neto yang meningkat 11,2% menjadi Rp 32,79 triliun dari Rp 29,48 triliun pada periode sebelumnya.

Direktur Utama dan Chief Executive Officer Indofood Sukses Makmur Anthoni Salim mengungkapkan, dengan berfokus pada upaya untuk mendorong penetrasi distribusi dan memperkuat posisi di pasar, pihaknya bisa mempertahankan kinerja hingga periode sembilan bulan 2019.

"ICBP meraih tingkat pertumbuhan sebesar double digit untuk penjualan dan laba bersih. Ke depan, kami akan senantiasa berhati-hati dan menyesuaikan diri secara dinamis dalam menghadapi berbagai perkembangan kondisi perekonomian global maupun dalam negeri," papar dia

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA