Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Medco Energi. Foto: IST

Medco Energi. Foto: IST

Medco Tuntaskan Divestasi 49% Saham Medco Cahaya

Gita Rossiana, Kamis, 11 Juli 2019 | 21:12 WIB

JAKARTA, Investor.id – PT Medco Energy International Tbk (MEDC) melalui anak usahanya, PT Medco Power Indonesia (MPI), telah menyelesaikan penjualan 49% saham PT Medco Cahaya Geothermal (MCG) kepada PT OrmatGeothermal Power. Penjualan tersebut membuat kepemilikan saham MPI di MCG turun menjadi 51%.

Direktur Utama Medco Power Indonesia Eka Satria mengatakan, aksi ini merupakan kerjasama lanjutan dengan Ormat setelah sukses mengembangkan PLTP Sarulla. "Saya yakin kerjasama kedua perusahaan akan memberikan nilai tambah bagi pemegang saham serta mendukung program pemerintah Indonesia dalam mengembangkan kelistrikan di sektor energi terbarukan,"ujar dia dalam keterbukaan informasi yang dirilis oleh Bursa Efek Indonesia pada Kamis, (11/7).

Saat ini MCG memiliki Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik dengan PLN yang berlaku 30 tahun untuk mengembangkan dan mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) berkapasitas 110 MW di Blawan Ijen, Jawa Timur. Kapasitas pembangkit akan ditentukan setelah selesainya aktivitas eksplorasi dan penilaian. "Beberapa pengeboran slim holes yang telah dilakukan menunjukkan hasil yang sukses. Operasi secara komersial diharapkan dimulai pada akhir tahun 2022," kata dia.

Sementara itu, Ormat nantinya mengoperasikan, mendesain, memproduksi, dan menjual pembangkit listrik panas bumi berdasarkan Ormat Energy Converter. Perusahaan telah merekayasa, memproduksi, dan membangun pembangkit listrik, yang telah dipasang dan digunakan di seluruh dunia, dengan total kapasitas kotor lebih dari 2.900 MW. Portofolio pembangkit 910 MW Ormat saat ini tersebar secara global di AS, Kenya, Guatemala, Indonesia, Honduras, dan Guadeloupe.

Ormat memperluas operasinya untuk menyediakan penyimpanan energi dan solusi manajemen energi dengan memanfaatkan kapabilitas intinya melalui anak perusahaan Viridity Energy Solutions Inc.

Sedangkan MPI melalui anak perusahaan yang dimiliki 100% oleh MCG sedang mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Blawan Ijen 110 MW. MCG mendapat mandat untuk Konsesi Panas Bumi 35 tahun di bawah Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA