Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Salah satu menara untuk BTS USO Telkomsel. (IST)

Salah satu menara untuk BTS USO Telkomsel. (IST)

Mitratel dan Telkomsel Teken CSPA 6.050 Menara Senilai Rp 10,3 Triliun

Jumat, 16 Oktober 2020 | 14:12 WIB
Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) mengumumkan penandatangan Perjanjian Jual Beli Bersyarat atau (Conditional Sale and Purchase Agreement/CSPA) Menara Telekomunikasi antara PT Telekomunikasi Selular dengan PT Dayamitra Telekomunikasi, keduanya merupakan Anak Perusahaan Telkom.

Pada CSPA yang ditandatangani pada 14 Oktober 2020 tersebut disepakati bahwa Mitratel akan membeli sebanyak 6.050 menara milik Telkomsel senilai Rp 10,3 triliun.

Dalam keterbukaan informasi yang disampaikan melalui Bursa Efek Indonesia, VP Investor Relations, Andi Setiawan mengatakan setelah terpenuhinya semua kewajiban yang tertera dalam CSPA maka menara Mitratel akan bertambah sebanyak 6.050 menara, sehingga sehingga total menara telekomunikasi Mitratel menjadi lebih dari 22.000 menara.

Nantinya pengalihan menara milik Telkomsel ke Mitratel dilakukan secara bertahap. Telkom menargetkan penataan portofolio bisnis menara ini akan rampung pada akhir kuartal I-2021.

“Pembelian menara telekomunikasi ini akan memperkuat fundamental bisnis dan menciptakan nilai tambah bagi Mitratel, sekaligus membantu Mitratel merealisasikan rencana jangka panjangnya,” papar Andi dalam pengumuman resmi Perseroan yang dirilis, Jumat (16/10/2020).

Sementara Telkomsel akan fokus pada bisnis utamanya sebagai perusahaan telekomunikasi digital di Indonesia dengan membangun ekosistem digital dan memberikan pengalaman digital connectivity terbaik bagi pelanggannya.

“Transaksi ini adalah bagian dari penataan portofolio bisnis Telkom untuk menciptakan valueyang optimal bagi pemegang saham,” imbuhnya.

Sebagai catatan, Mitratel merupakan anak perusahaan dari Telkom yang bergerak di bidang penyediaan infrastruktur telekomunikasi. Sampai saat ini Mitratel telah mengelola menara telekomunikasi yang tersebar di berbagai wilayah dan melayani semua operator seluler di Indonesia.

Adapun Telkomsel, anak perusahaan dari Telkom yang bergerak di bidang penyediaan layanan telekomunikasi selular dan produk-produk telekomunikasi digital. “Transaksi ini merupakan Transaksi Afiliasi yang dikecualikan karena merupakan kegiatan usaha utama dari Perusahaan Terkendali,” pungkasnya.

 

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN