Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Selaras Citra Nusantara Perkasa  akan melepas 500 juta sahamnya atau 20% dari modal ditempatkan.

PT Selaras Citra Nusantara Perkasa akan melepas 500 juta sahamnya atau 20% dari modal ditempatkan.

Selaras Citra Nusantara Ekspansi Bisnis ke AS

Senin, 22 Februari 2021 | 19:26 WIB
Nabil Al Faruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id — PT Selaras Citra Nusantara Perkasa Tbk (SCNP) melakukan ekspor perdana produknya ke Amerika Serikat (AS). Ekspansi bisnis ini telah dilakukan perseroan pada 11 Februari 2021.

Berdasarkan keterbukaan informasi, Senin (22/2), produk perseroan yang di ekspor ke AS adalah Vacuum Cleaner Bissel. Ekspor ini dilakukan melalui perusahaan subsidiari perseroan, yakni PT Selaras Donlim Indonesia (SDI).

“Kami berhasil menembus pasar vacuum cleaner Amerika serikat. Di sisi lain, aksi ini tidak berdampak negatif terhadap perseroan dari kegiatan tersebut. Pada kesempatan perdana ini, SDI mengekspor 6 kontainer vacuum cleaner,” jelas Corporate Secretary Selaras Citra Nusantara Perkasa Tumpal Sihombing.

Sebelumnya, Selaras Nusantara telah mendirikan anak usaha baru yang bergerak di bisnis perdagangan peralatan listrik rumah tangga, yakni PT Selaras Turbo Elektronik Indonesia. 

Tumpal mengatakan, pendirian usaha patungan tersebut dilakukan pada 28 September 2020. Modal dasarnya senilai Rp 2 miliar atau terdiri 2 ribu saham. “Nilai nominal per saham setara dengan Rp 1 juta,” ujarnya dalam keterangan resmi.

Secara rinci, perseroan menempatkan dan menyetor 1.999 saham yang merupakan bagian 99,95% dari seluruh saham perusahaan patungan atau senilai Rp 1,99 miliar. Kemudian, Christ Baby Kusmanto menempatkan dan menyetor 1 lembar saham yang merupakan bagian 0,05% dari seluruh saham perusahaan patungan atau senilai Rp 1 juta.

Tujuan pendirian usaha patungan ini adalah untuk membentuk anak usaha perseroan yang bergerak dalam bidang perdagangan, termasuk kegiatan ekspor dan impor atas peralatan listrik rumah tangga.

“Dengan dibentuknya usaha tersebut, kami berubah strategi dari memproduksi produk jadi, sekaligus memiliki opsi untuk dapat mengimpor produk jadi dan menjualnya secara langsung kepada pihak ketiga,” ujarnya.

Adapun, dampak dari pembentukan usaha patungan tersebut adalah perseroan akan memiliki 2 entitas anak, yakni PT Selaras Donlim Indonesia dan PT Selaras Turbo Elektronik Indonesia. Perseroan akan menjadi pemegang saham pengendali utama pada perusahaan patungan dengan kepemilikan 99,95% saham.

Tumpal menambahkan, perusahaan patungan tersebut akan memberikan nilai tambah bagi perseroan, karena menambah lini produk yang dijual melalui mekanisme impor barang jadi dan dengan memanfaatkan jalur distribusi yang telah terjalin oleh perseroan. 

Editor : Elly Rahmawati (ely_rahmawati@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN