Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan Semen Indonesia, Sigit Wahono saat pemaparan kinerja ekspor PT Semen Indonesia Tbk, Sabtu (30/12/2019).

Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan Semen Indonesia, Sigit Wahono saat pemaparan kinerja ekspor PT Semen Indonesia Tbk, Sabtu (30/12/2019).

Semen Indonesia Optimalkan Pasar Ekspor

Amrozi Amenan, Senin, 2 Desember 2019 | 08:46 WIB

SURABAYA, investor.id -PT Semen Indonesia (Persero) Tbk akan terus mengoptimalkan pasar regional di tengah ketatnya persaingan pasar semen domestik dan kini fokus menggarap pasar Asia Selatan dan Asia Tenggara

Selama periode Januari hingga Oktober 2019, perseroan berhasil mencatatkan volume penjualan ekspor sebesar 3,38 juta ton dari fasilitas produksinya di Indonesia.

Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan Semen Indonesia, Sigit Wahono mengatakan bahwa sejalan upaya merampungkan integrasi seluruh fasilitas produksi dan distribusi pasca akuisi PT Solusi Bangun Indoensia Tbk (SBI), Semen Indonesia terus mengupayakan pengembangan pasar ekspor.

Pada tahun 2019, perseroan berhasil memperluas jaringan ekspor di kawasan Asia Timur, salah satunya Tiongkok yang sedang mengalami kekurangan produksi semen.

“Semen Indonesia juga sedang fokus menggarap pasar Asia Selatan dan Asia Tenggara, seperti Bangladesh, India, Sri Lanka, Maladewa, Filipina, dan Timor Lest,” kata Sigit, Minggu (1/12/2019).

Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan Semen Indonesia, Sigit Wahono saat pemaparan kinerja ekspor PT Semen Indonesia Tbk, Sabtu (30/12/2019).
Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan Semen Indonesia, Sigit Wahono saat pemaparan kinerja ekspor PT Semen Indonesia Tbk, Sabtu (30/12/2019).

Untuk mendukung pengiriman produk ke kawasan regional tersebut, saat ini Semen Indonesia telah mengoptimalkan seluruh fasilitas distribusi baik utilisasi maupun kapasitasnya.

Semen Indonesia juga aktif mengikuti berbagai forum pameran dan misi dagang untuk memperkuat jaringan ekspor di negara-negara tujuan dan menjajaki pasar baru di kawasan regional.

“Pengelolaan pasar eskpor dilakukan melalui PT Semen Indonesia Internasional,” tandasnya.

Sementara itu, data Asosiasi Semen Indonesia (ASI) menyebutkan, bahwa konsumsi semen di Indonesia hingga Oktober 2019 masih mengalami pelemahan sebesar 1,5% dibandingkan periode yang sama tahun 2018. Total penjualan semen domestik sampai dengan Oktober 2019 tercatat sebesar 56,10 juta ton atau mengalami penurunan dibandingkan periode yang sama tahun 2018 sebesar 56,97 juta ton.

Seiring dengan pelemahan pasar semen domestik, menurut Sigit, volume penjualan domestik Semen Indonesia di luar SBI (Solusi Bangun Indoensia) hingga Oktober 2019 mengalami penurunan sebesar 4,1% menjadi 21,54 juta ton dibanding periode yang sama tahun 2018 sebesar 22,46 juta ton. Sedangkan penjualan domestik SBI juga mengalami penurunan sebesar 2,2% menjadi 8,47 juta ton.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA