Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Martinus Soesilo, Presiden Direktur PT Panca Mitra Multiperdana Tbk. Foto: Investor Daily/DEFRIZAL

Martinus Soesilo, Presiden Direktur PT Panca Mitra Multiperdana Tbk. Foto: Investor Daily/DEFRIZAL

Tingkatkan Laba, Panca Mitra Siapkan Strategi dan Ekspansi

Selasa, 23 Februari 2021 | 05:43 WIB
Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP), emiten pengolahan makanan beku berbasis udang, optimistis kinerja tahun ini tetap bertumbuh. Panca Mitra menyiapkan sejumlah ekspansi dan strategi bisnis, mulai dari pembangunan pabrik baru, ekspansi pasar ke Uni Eropa, peluncuran brand baru perseroan untuk pasar domestik, dan meningkatkan porsi penjualan produk value added.

Direktur Utama Panca Mitra Multiperdana Martinus Soesilo mengatakan, pembangunan konstruksi pabrik baru (pabrik ke-8) telah dilakukan sejak Januari 2021 untuk meningkatkan kapasitas produksi dan menambah varian produk yang akan dipasarkan perseroan.

“Pembangunan pabrik ke-8 rencananya dapat selesai dan mulai beroperasi pada Juli atau Agustus 2021. Pabrik yang berlokasi di Situbondo tersebut akan memproduksi produk-produk value added, khususnya produk pre-fried breaded shrimp.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pemasaran Panca Mitra Multiperdana Patrick Djuanda menambahkan, tahun ini, perseroan juga berencana untuk menambah segmen ekspor baru, yakni Uni Eropa. “Akhir tahun lalu, kami sudah mendapatkan sertifikasi ASC, sertifikasi yang dibutuhkan untuk melakukan ekspor ke Uni Eropa. Harapannya, kami sudah bisa mulai melakukan ekspor ke Uni Eropa tahun ini,” jelas dia.

Selain itu, bulan lalu, perseroan telah melaksanakan grand launching brand milik perseroan, bernama Ebinoya. Ebinoya akan dipasarkan di pasar domestik untuk menangkap potensi peningkatan permintaan pasar domestik ke depannya.

Terakhir, perseroan menerapkan strategi bisnis untuk meningkatkan porsi penjualan produk value added untuk meningkatkan profitabilitas perseroan. “Tahun lalu, kami sudah mulai menerapkan strategi bisnis ini, tujuannya untuk meningkatan profitabilitas. Kami ingin mengurangi porsi penjualan produk commodity kami, khususnya raw shrimp, karena kompetisi di variasi ini sangat ketat, terutama dari India dan Ekuador yang berfokus pada produk raw shrimp. Sedangkan untuk produk value added ini, pasokannya masih sangat sedikit dan permintaannya sangat tinggi, sehingga memiliki marjin yang lebih baik,” ungkap Martinus Soesilo.

Melalui penerapan strategi tersebut, perseroan menargetkan untuk meningkatkan volume penjualan sebesar 11% menjadi kurang lebih 20 ribu ton dan peningkatan penjualan sebesar 11% menjadi sekitar US$ 190 juta pada 2021. “Kami targetkan penjualan dapat mencapai sekitar US$ 190 juta dan capaian laba bersih sekitar US$ 12 juta tahun ini,” tutur dia.

Selama tahun 2020, d itengah pandemi Covid-19, perseroan mampu menghasilkan kinerja yang fantastis, dengan kenaikan volume penjualan sebesar 14% (YoY Juni 2020). Selain itu, sesuai dengan laporan keuangan yang diaudit pada Juni 2020, penjualan perseroan mencapai US$ 83 juta atau naik sebesar US$ 9,3 juta (12,6%) dibandingkan Juni 2019 yang sebesar US$ 74 juta.

Sementara itu, Direktur Keuangan Panca Mitra Multiperdana Alin Rostanti menyebutkan, kinerja perseroan hingga Desember 2020 diperkirakan mampu mencapai target, dengan kenaikan volume penjualan sebesar 20% (YoY Desember 2020). Penjualan perseroan ditargetkan mencapai US$ 170 juta pada Desember 2020 atau naik sebesar US$ 27 juta (19%) dari penjualan Desember 2019 yang senilai US$ 142,7 juta.

“Saat ini, kami masih dalam proses audit untuk tahun buku Desember 2020. Saya perkirakan bulan Maret sudah selesai dan dapat kami publish,” ujar Alin.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN