Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Transcoal Pacific.

Transcoal Pacific.

Transcoal Bakal Dirikan Lima Anak Usaha

Thereis Love Kalla, Selasa, 24 Maret 2020 | 11:23 WIB

JAKARTA, Investor.id – PT Transcoal Pacific Tbk (tCPI) berencana mendirikan lima anak usaha baru di bidang jasa pelayaran. Perseroan akan menyetorkan modal dasar masing-masing perusahaan tersebut senilai Rp 100 miliar dan modal ditempatkan dan disetor sekitar Rp 25 miliar.

Aksi korporasi ini akan dilakukan perseroan melalui anak usahanya yaitu PT Kanz Gemilang Utama dan PT Sentra Makmur Lines. Kedepannya kedua perusahaan ini akan menjadi pemegang saham lima perusahaan baru tersebut.

Direktur Utama Transcoal Pacific Dirc Richard mengatakan, pendirian lima anak usaha baru ini bertujuan untuk memanfaatkan potensi bisnis perusahaan pelayaran, seiring dengan diberlakukannya Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Permendag) Nomor 82 tahun 2017 tentang Ketentuan Penggunaan Angkutan Laut dan Asuransi Nasional untuk kegiatan ekspor dan impor barang tertentu.

“Berdasarkan peraturan tersebut, eksportir yang mengekspor batubara dan CPO wajib menggunakan angkutan laut yang dikuasai perusahaan angkutan laut nasional. Importir yang mengimpor beras dan barang untuk pengadaan barang pemerintah wajib menggunakan angkutan laut yang dikuasai perusahaan angkutan laut nasional,” jelas Dirc Richard dalam keterangan resmi perseroan pada Senin (23/3).

Peluang tersebut, ungkap Dirc Richard, mendorong perseroan untuk mendirikan lima perusahaan baru. Pasalnya dengan adanya peraturan tersebut, ekspor batu bara dan CPO ke beberapa negara harus menggunakan angkutan laut milik perusahaan dalam negeri. Tak hanya itu, impor beras dan pengadaan barang pemerintah juga harus menggunakan angkutan laut milik perusahaan nasional.

Sebelumnya, Direktur Perseroan Amril mengungkapkan, dengan adanya aksi korporasi ini diharapkan kondisi keuangan perseroan menjadi lebih baik, apabila lima anak usaha baru perseroan telah beroperasional sesuai yang direncanakan. “Diharapkan kegiatan operasional akan menjadi lebih baik dan kelangsungan usaha tetap terjaga dan terjamin dengan baik,” katanya.

Sebagai informasi, nama kelima perusahaan pelayaran yang baru didirikan ini meliputi PT Energi Lautan Kencana, PT Karya Samudera Insani, PT Bahari Maritim Energi, PT Sari Samudera Gemilang, dan PT Transportasi Lautan Energi

 

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN