Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Verena Multi Finance Tbk (VRNA). Foto: Perseroan.

PT Verena Multi Finance Tbk (VRNA). Foto: Perseroan.

Verena Finance Raih Peringkat idA

Ghafur Fadillah, Selasa, 10 September 2019 | 13:46 WIB

JAKARTA, Investor. Id -  PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memberikan peringkat “idA“ kepada PT Verena Multi Finance Tbk (VRNA) dan medium term notes (MTN) II/2017.

Pefindo melalui penjelasan resminya menyebutkan bahwa peringkat tersebut menunjukan bahwa prospek korporasi adalah stabil. Begitu juga dengan MTN II/2017 perseroan sebesar Rp100 miliar yang bakal jatuh tempo pada 5 Desember 2019.

“Kesiapan Perusahaan dalam memenuhi kewajiban MTN yang jatuh tempo didukung oleh penerimaan piutang pembiayaan sekitar Rp 132 miliar per bulannya, serta kas dan setara kas sebesar Rp 119,1 miliar pada 30 Juni 2019.” tulis Pefindo dalam keterangan resminya, Jakarta (10/9).

Obligor dengan peringkat “idA” memiliki kemampuan yang kuat, dibanding obligor lainnya, untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya. Meskipun begitu, kemampuan obligor dapat terpengaruh oleh perubahan buruk keadaan dan kondisi ekonomi dibandingkan obligor dengan peringkat lebih tinggi.

Pefindo menambahkan peringkat tersebut dapat dinaikkan, jika Verena mendapat dukungan yang lebih kuat dari IBJ Leasing Co Ltd (IBJ Leasing), selaku induk usaha perseroan. 

Sebagai informasi, Verena Multi Finance  merupakan perusahaan pembiayaan yang memiliki fokus pada pembiayaan sewa guna usaha dan pembiayaan konsumen, khususnya pembiayaan mobil bekas. Pada 30 Juni 2019, pemegang saham Perusahaan adalah IBJ Leasing (67,44%), PT Bank Pan Indonesia Tbk (Bank Panin, peringkat idAA/Stabil) (26,15%), dan publik (6,41%).

Perseroan sebelumnya telah melakukan merger dengan IBJ Verena Finance. Langkah ini dilakukan untuk memperkuat permodalan usaha. Setelah merger, Verena Multi Finance akan tetap melakukan usaha di bidang pembiayaan. Adapun ruang lingkup pembiayaan perseroan adalah pembiayaan investasi, pembiayaan modal kerja dan pembiayaan multi guna.

lebih lanjut setelah penggabungan tersebut, nama perusahaan akan menjadi PT Verena Multi Finance Tbk. 

Sedangkan untuk struktur permodalan pemegang saham akan terdiri dari IBJ Leasing Co Ltd dengan kepemilikan 67,44%, PT Bank Pan Indonesia Tbk dengan kepemilikan 26,15% dan masyarakat sebesar 6,41%.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA