Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Manajemen Baqoel saat pelucuran Baqoel Pay dan Baqoel Pos

Manajemen Baqoel saat pelucuran Baqoel Pay dan Baqoel Pos

Startup Baqoel Luncurkan Baqoel Pay dan Baqoel Pos

Rabu, 15 September 2021 | 14:28 WIB
Mardiana Makmun (mardiana@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - Start up Baqoel mulai mengembangkan aplikasi onlinenya dengan meluncurkan Baqoel Pay dan Baqoel POS demi memberikan layanan yang lebih luas dan kemudahan kepada masyarakat. Sebelumnya Baqoel dirilis dengan fokus pada penyediaan item kebutuhan pokok konsumsi masyarakat.  Peluncuran Baqoel Pay dan Baqoel Pos dilakukan sekaligus dengan gathering mitra Warung Digital Baqoel Warahmah (Warung Rumahan). 

Dhian Arinofa CEO & Founder  Baqoel menjelaskan aplikasi Baqoel Pay dan Baqoel POS ini memiliki fungsi yang berbeda dari aplikasi Baqoel. "Baqoel Pay dihadirkan untuk melengkapi dan memudahkan mitra Baqoel yang ingin melengkapi produk jualannya dalam dunia digital. Seperti penjualan token listrik, pembayaran telepon,  pembelian pulsa, isi E Money,  BPJS, gas PGN, PDAM, iuran TV Kabel, Internet, Voucher Game, hingga pembayaran multifinance dan kebutuhan lainnya." jelas Dhian dalam keterangan pers.

Sedangkan Baqoel POS dihadirkan untuk memudahkan transaksi penjualan produk di Warung Digital Baqoel Warahmah (Warung Rumahan). “Baqoel POS ini untuk me-record daily hingga monthly transaksi produk yang dijual di Warung Digital Baqoel Warahmah. Warung Digital Baqoel Warahmah  berisi produk dengan harga basic yang murah, sehingga para pelanggan mereka bisa membeli dengan harga yang sama murahnya dengan yang mereka lihat di aplikasi Baqoel. Tentunya kami sudah menetapkan HET dan para pedagang mitra Baqoel tetap sudah bisa mendapatkan keuntungan," jelas Dhian. 

Dhian meyakini dengan mekanisme ini, para Mitra Warung Digital Baqoel Warahmah (Warung Rumahan) dapat menjual harga yang murah dan kuat bersaing dengan mini market modern, karena harga mereka bisa lebih rendah. "Harapanya menjadikan usaha rumahan ini berdaya, dan bukan tidak mungkin meningkatkan level usahanya dari Warung Rumahan menjadi Kios Baqoel untuk skala yang lebih besar, yaitu memiliki toko yang lebih besar selevel mini market," kata Dhian. 

General Manager Baqoel, Yayat Setiadi mempresentasikan bahwa Program Warahmah in unik karena menjadi program sosial yang memberdayakan. "Kami memberikan permodalan dalam bentuk produk dan sistem mulai dari Rp1juta. Para mitra bisa membayar dengan tempo hingga 2 bulan sejak awal memulai usaha. Bantuan ini diberikan tanpa agunan sebagai bentuk kail pancing kepedulian yang Baqoel berikan untuk masyarakat yang ingin tumbuh berdaya. Tentunya ada seleksi administrasi dan komitmen yang harus dilalui. Sampai saat ini sudah ada 3.000 lebih pendaftar Warahmah," ungkapnya. 

Salah satu Mitra Warahmah yang telah sukses menjalani usaha dari rumah ini adalah Ida Karimah bercerita, awalnya ia terkejut karena harga Baqoel sangat murah. "Waktu harga telur 23rb, Baqoel bisa menjual 18.500 per kilo, saya bisa menjual ke konsumen 19.000 plus cashback sehingga banyak keuntungan yang saya dapatkan. Luar biasanya di awal saya bisa menjual sampai 130 kilogram. Kuncinya selain selalu memastikan stock warung nya aman, juga terus posting di WA. No Posting, No Closing," ujar Ida yang juga berprofesi sebagai guru.

Turut hadir dalam acara ini mitra usaha Baqoel,Venteny Indonesia. Damar Raditya selaku Direktur Operasional Venteny meyakinkan kepada para peserta bahwa kehadiran mereka semua adalah sebuah bentuk jodoh dari Tuhan.

"Warahmah artinya bahagia, Venteny artinya juga bahagia, artinya kita semua disini berusaha untuk mengejar kebahagiaan yang penuh manfaat. Kami memiliki aplikasi di Playstore yang memiliki 4 program yang bermanfaat untuk bapak ibu dan masyarakat yaitu finansial melalui V-Nancial, konten edukasi melalui V-Academy, safety net bagi karyawan dan keluarga melalui Venteny Insurance & Protection Program (VIP), dan pendukung gaya hidup dalam V-Merchant," kata Dhamar. 

Hadir juga Aris selaku Sales Manager dari Awan Tunai platform Fintech yang sangat tertarik dengan metode Baqoel dalam pengembangan bisnis kolaborasi dengan para Mitra UMKM nya atau yang sering disebut Mitra Baqoel Warahmah. “Harapannya Awan Tunai ke depannya bisa turut serta memberikan fasilitas pembiayaan/modal usaha dalam rangka mendukung ekonomi rakyat melalui Program Warung Digital Warahmah dan Kios Baqoel,” tandas Aris.

Editor : Mardiana Makmun (nana_makmun@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN