Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Wakil Kepala LD FEB UI Paksi C.K Walandouw

Wakil Kepala LD FEB UI Paksi C.K Walandouw

Omzet UMKM Mitra GoTo Financial Diperkirakan Naik 37% 

Selasa, 5 Oktober 2021 | 18:34 WIB
Herman

JAKARTA, investor.id  - Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) melakukan riset terkait peran GoTo Financial terhadap inklusi keuangan Indonesia, dan juga perkiraan omzet mitra usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di dalam ekosistem GoTo Financial.

Wakil Kepala LD FEB UI Paksi CK Walandouw mengungkapkan, berdasarkan hasil temuan riset ini, diperkirakan omzet mitra UMKM di ekosistem GoTo Financial pada 2021 akan meningkat 37% atau sekitar Rp 53,2 triliun jika dibandingkan dengan tahun 2020.

“Peningkatan omzet mitra di tahun 2021 menandakan solusi platform digital mampu membantu UMKM bertumbuh sekaligus sinyal pemulihan ekonomi,” kata Paksi dalam peluncuran hasil riset LD FEB UI, Selasa (5/10/2021).  

Menurut Paksi, pertumbuhan ini bisa semakin diperkuat karena produk-produk GoTo Financial juga mengubah persepsi sosial masyarakat terhadap layanan keuangan formal, di mana kini mayoritas pelaku UMKM menjadi lebih percaya dengan produk keuangan dan optimis terhadap potensi usaha digital.

Temuan lainnya dalam riset ini, mayoritas UMKM (60%) mengaku menggunakan GoPay sebagai metode pembayaran digital pertama yang diterima di usahanya. Tren serupa juga terlihat dari sisi konsumen, di mana hampir sebagian besar (46%) memilih GoPay untuk transaksi nontunai pertamanya.

Produk GoTo Financial juga membantu UMKM beradaptasi dan bertumbuh saat pandemi. Hampir setengah (49%) mitra usaha menggunakan produk GoTo Financial sebagai platform digital untuk membantu mereka berjualan online pertama kali. Tiga dari 10 merchant GoTo Financial adalah pebisnis pemula yang baru memulai usaha saat pandemi. Selain itu, empat dari lima mitra UMKM GoTo Financial terdorong melakukan ekspansi usaha setelah menggunakan layanan GoTo Financial.

Sebagai informasi, responden riset ini adalah konsumen dan pelaku usaha yang sudah menggunakan layanan dan produk GoTo Financial sejak sebelum masa pandemi (sebelum Maret 2020). Total responden yang mengisi kuesioner secara lengkap dan dapat dilakukan analisis adalah 7.355 orang, terdiri dari 5.639 konsumen dan 1.716 merchant UMKM GoTo Financial.

Mayoritas  responden (95%) tersebar di 21 kota, yaitu Manado, Samarinda, Balikpapan, Pekanbaru, Makassar, Palembang, Lampung, Medan, Denpasar, Solo, Tangerang Selatan, Depok, Semarang, Malang, Bogor, Yogyakarta, Tangerang, Bekasi, Surabaya, Bandung, Jakarta. Pengumpulan data dilakukan secara online di minggu kedua bulan Agustus 2021, dengan pendekatan simple random sampling.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN