Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
ISEF 2021, ajang terbesar ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia diikuti 600 pelaku usaha syariah yang menampilkan 2.100 produk halal.

ISEF 2021, ajang terbesar ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia diikuti 600 pelaku usaha syariah yang menampilkan 2.100 produk halal.

 ISEF 2021 Tawarkan 2.100 Produk Halal

Jumat, 8 Oktober 2021 | 13:09 WIB
Windarto

Jakarta, Investor.id – Event tahunan ekonomi dan keuangan syariah terbesar di Indonesia, Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) kembali digelar. Penyelenggaraaan ISEF merupakan wujud nyata konsistensi dukungan Bank Indonesia dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional.

Tahun ini merupakan gelaran ke-8 ISEF dengan mengusung tema Magnifying Halal Industries Through Food and Fashion Market for Economic Recovery. Penyelenggaraan ISEF 2021 diharapkan mampu menjadi wadah akselerasi implementasi industri halal dengan fokus pada sektor fashion muslim dan food serta membangkitkan optimisme bagi pelaku usaha khususnya pelaku usaha syariah.

Sukses dalam penyelenggaraan di tahun 2020, Exhibition ISEF kembali dihadirkan di tahun ini. Ada 600 pelaku usaha yang menawarkan 2.100 produk fashion muslim dan halal food, siap meramaikan Exhibition sebagai rangkaian dari kegiatan ISEF 2021. Seiring dengan semakin membaiknya penanganan pandemi di Indonesia, Exhibition ISEF 2021 dilakukan secara hybrid, yaitu kombinasi antara online exhibition melalui directory ISEF exhibition yang dapat diakses pada platform ISEF www.isef.co.id. Sementara offline exhibition dilakukan secara terbatas dengan prokes yang sangat ketat dengan pengunjung yang terdaftar. Online exhibition akan berlangsung pada tanggal 8 Oktober 2021 dan berakhir pada Desember 2021, sementara untuk kegiatan offline exhibition dilakukan pada tanggal 27-30 Oktober 2021 pada puncak kegiatan ISEF 2021. Kegiatan exhibition ini menggandeng para pelaku UMKM nasional.

Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia Bambang Himawan menegaskan komitmen ISEF untuk konsisten menggandeng pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan salah satu upaya nyata untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional. Disamping itu, untuk membantu memperluas pasar para pelaku UMKM produk halal ini, dalam penyelenggaraan kali ini, ISEF menggandeng Asosiasi E-Commerce Indonesia atau idEA.

“Dengan menggandeng idEA, pelaku usaha ini akan mendapat dukungan dan bantuan sepenuhnya dari para member asosiasi dalam mempromosikan produk halalnya ke konsumen yang lebih luas.” imbuh Bambang. Pada penyelenggaraan kali ini, konsumen dapat dengan mudah menemukan produk-produk halal dari para pelaku UMKM peserta ISEF 2021 di enam platform e-commerce seperti Bhinneka, Blibli, Shpee, Lazada, Bukalapak, dan Tokopedia.

Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia atau idEA, Bima Laga mengungkapkan, antusiasme industri e-commerce dalam mendukung penyelenggaran ISEF 2021 ini. “Sebagai elemen bangsa yang memang menjadi bagian pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, tentu sudah selayaknya kami juga mendorong bertumbuhnya industri produk halal ini,” kata Bima. “Kami berharap tidak hanya selama penyelenggaraan ISEF saja, tapi untuk jangka Panjang, kami ingin menjadi bagian dari mendunianya produk halal Indonesia.”

Indonesia memiliki keunggulan yang luar biasa dalam hal pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah. Sektor unggulan dalam industri halal Indonesia yaitu sektor fashion muslim dan makanan halal menduduki peringkat ke-3 dan ke-4 berdasarkan State of The Global Islamic Economy (SGIE) report 2020/2021.

Pangsa pasar makanan halal Indonesia mencapai 13% dari pasar global, merupakan yang terbesar di dunia. Jumlah penduduk muslim dunia yang mencapai 1,8 miliar atau 24% dari populasi global terus bertumbuh dan tentunya merupakan pasar potensial bagi industri halal. Sementara di domestik, berdasarkan data Direktorat Jenderal Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, jumlah penduduk Indonesia muslim di Indonesia mencapai 86,88% . Hal ini merupakan pasar yang potensial untuk pengembangan produk halal.

 

Rangkaian Acara ISEF 2021

Rangkaian acara ISEF 2021 telah dimulai dengan adanya pelatihan digital bagi para pelaku UMKM produk halal bekerjasama dengan idea sejak 27 September 2021. Meskipun telah berjalan, namun bagi pelaku UMKM yang ingin bergabung masih berkesempatan untuk mendaftar. Pendaftaran dapat diakses pada link yang ada di akun Instagram idEA dan Bangga Buatan Indonesia. Para pelaku UMKM masih dapat berpartisipasi karena pelatihan akan berlangsung hingga 29 Oktober mendatang.

Selain pelatihan, juga dilakukan live selling di mana konsumen dapat menemukan beragam produk halal mulai dari modest fashion hingga makanan halal. Konsumen dapat langsung mengunjunhi website ISEF www.isef.co.id. Konsumen dapat berbelanja seperti layaknya belanja online melalui platform e- commerce.

Ada kejutan menarik tahun ini, yakni pencanangan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) Syariah. Yuks, belanja produk halal! Tidak hanya sekedar halal tetapi juga baik. Disamping itu, dengan adanya fitur berbelanja sambil bersedekah kita tidak hanya berbelanja untuk kesenangan pribadi tetapi turut membantu orang lain serta mendukung para pelaku usaha khususnya UMKM untuk terus berkarya. ISEF 2021, Celebrate Meaningfull Life.

Editor : Maswin (maswin@investor.co.id )

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN