Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi e-commerce. (Pixabay)

Ilustrasi e-commerce. (Pixabay)

Bhinneka.com Kembangkan Sejumlah Layanan

Rabu, 13 Oktober 2021 | 13:51 WIB
Euis Rita Hartati (erita_h@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Bhinneka.com terus mengembangkan layanan dalam lini usaha, khususnya untuk bisnis online. Hal ini guna menjawab kebutuhan masyarakat yang terus meningkat, sejalan dengan industri digital yang terus berkembang

Menurut Chief of Commercial and Omnichannel Bhinneka.com Vensia Tjhin, dalam pengembangan bisnisnya, Bhinneka melayani pengadaan (eProcurement) yang menawarkan efisiensi biaya hingga 25% per tahun melalui platform Bhinneka Bisnis (business-to-business/B2B), dan bekerja sama dengan LKPP untuk pengadaan pemerintah dengan menawarkan 150.000 SKU dari 9.000 suppliers.

Sebagai salah satu pemain di B2B e-commerce Indonesia, saat ini Bhinneka.com juga menawarkan beberapa produk untuk membantu akselerasi digital di korporasi, organisasi (termasuk universitas), serta instansi pemerintah seperti Pemda/Pemkot yang banyak membangun e-marketplace untuk meningkatkan pelayanan publik dan mendorong pendapatan daerah, termasuk agar UMKM setempat bisa go online.

"Dengan teknologi yang kami sediakan, banyak korporasi, organisasi, dan lembaga yang dapat menghemat anggaran investasi untuk pembangunan e-marketplace ini," sebut Vensia.

Saat ini, setidaknya ada 10 pemda/pemkot yang tengah berproses dengan Bhinneka.Com. Targetnya, hingga akhir tahun ini ada 5 e-marketplace milik pemerintah daerah yang akan go live.

"Sementara di sisi organisasi, komunitas, universitas tercatat hampir 30 yang sedang kami kerjakan, 2 e-marketplace milik universitas sudah go live, dan menyusul beberapa segera go live di Q4 ini," sambung Vensia.

Di sisi lain, sektor perdagangan digital tengah bergairah. Aksi korporasi berupa merger dan akuisisi dilancarkan oleh sejumlah perusahaan untuk mengkonsolidasikan bisnisnya. Di tengah kompetisi yang semakin sengit ini, Bhinneka.com pun sudah menyiapkan strategi korporasi dalam mengembangkan usahanya.

"Kami tetap open untuk melakukan action yang diperlukan dalam rangka mendorong pertumbuhan. Kami sedang mempersiapkan beberapa action, harap bersabar untuk menunggu. Bhinneka mempersiapkan 2-3 hal yang bisa membuat kami memenangkan pasar. Nanti kita akan bicarakan secara khusus bagian ini," pungkas Vensia.

Saat ini, Bhinneka menggarap enam lini bisnis. Mulai dari produk Teknologi Informasi (TI) dan Maintenance, Repair & Operational (MRO), digital printing solution, offline store dan service center, business solution, B2B2B platform marketplace, hingga digital products.

Dari keenam lini bisnis yang terintegrasi, offline store & service center menjadi salah satu tulang punggung strategi omnichannel Bhinneka. Sementara dari sisi penjualan, proporsi produk di Bhinneka.com tergolong berimbang.

Selama pandemi Covid-19 dari masa PSBB hingga PPKM, kategori produk IT (gadget, computer, desktop, notebook) dan MRO mendominasi transaksi di Bhinneka.com, bersamaan dengan perlengkapan kesehatan yang (masker medis, cairan disinfektan, paket tes usap, dan lainnya) yang mengalami kenaikan di masa pandemi.

"Ada transaksi yang naik, ada juga yang turun. Beberapa sektor terjadi pelambatan, tapi ada yang meningkat, jadi cukup berimbang," ungkap Vensia.

Editor : Euis Rita Hartati (euis_somadi@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN