Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pameran memasarkan produk Franchise dan BO

Pameran memasarkan produk Franchise dan BO

Industri Franchise Bangkit, Inilah Merek Franchise dan BO Paling Top

Minggu, 19 Juni 2022 | 05:52 WIB
Imam Muzakir (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Merek atau brand merupakan aset utama bisnis franchise. Tanpa brand yang dikenal luas dan memiliki reputasi yang baik, sulit bagi pemilik bisnis franchise untuk dikembangkan dan dijual kepada calon investor atau franchise.

Karena itu pentingnya memiliki brand franchise yang sudah dikenal luas sehingga mudah pula produk bisnis dan layanannya dipasarkan di suatu daerah. Sebab itu, sebuah merek Franchise dan BO berharap memiliki jumlah konsumen loyal yang banyak dan atau memiliki cabang dimana-mana.

CEO DK Consulting Djoko Kurniawan, mendorong agar pemilik merek melakukan digital marketing untuk kecepatan penyebaran, kemudahan evaluasi, jangkauan lebih luas, murah dan efektif serta untuk membangun brand.

“Dengan itu semua tentu Kita dapat menarik konsumen lebih cepat dan luas lagi. Terlebih jika bisnis Kita aktif di sosial media, maka strategi pendekatan kepada konsumen bisa lebih maksimal,” kata Djoko, dalam keterangannya, Minggu (19/6/2022).

Djoko menyarankan agar kreativita para pelaku usaha terus tergali demi menciptakan ruang-ruang konten yang menarik bagi konsumen maupun calon investor.

Sementara itu Anang Sukandar, Ketua Kehormatan Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) menyebutkan industri franchise Indonesia agar lebih agresif lagi untuk mengembangkan bisnisnya dan bisa menguasai hingga ke pelosok negeri. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan digital.

 Anang sendiri mengaku miris dengan kondisi saat ini dimana ekspansi bisnis franchise lebih banyak berasal dari luar negeri seperti Jepang, Korea dan beberapa negara-negara lainnya.

“Saya yakin betul jika merek asli Indonesia juga tidak kalah secara kualitas dengan merek-merek asing. Saya mengajak para pelaku franchise Indonesia untuk bangkit dan bisa ekspansi lebih luas lagi,” ujarnya.

Ia mendorong para pelaku untuk lebih kreatif, semangat dan eksplorasi serta meningkatkan akselerasi bisnis mereka utamanya bersinergi dengan digital sehingga bisa berkancah di pasar global. Maka di kesempatan yang sama, Anang mengapresiasi kinerja bisnis franchise Indonesia yang telah berjuang menjaga eksistensi merek mereka sehingga masih bisa bertahan dan terus berkembang serta tetap populer.

Penghargaan Merek Populer

Merek yang populer adalah merek yang paling dikenal dan diingat konsumen. Di era digital sekarang ini makin sering merek dibicarakan di dunia maya maka akan semakin dikenal atau populer di publik. Popularitas di digital penting bagi sebuah merek karena merek adalah persepsi. Apa yang kita lihat, dengar dan rasakan.

Bisnis Franchise dan BO yang memiliki popularitas tinggi di media digital maka peluang sukses, berkembang dan sustain makin terbuka lebar. Terkait hal itu, untuk membantu brand owner franchise dan BO, serta calon investornya, Majalah Franchise Indonesia bekerjasama dengan Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) dan DK Consulting melakukan pengukuran kepopuleran merek-merek Franchise dan BO di media digital.

Rofian Akbar, Pemimpin Umum Majalah Franchise Indonesia mengatakan, popularitas di digital jika dikelola dengan baik oleh brand ownwer maka akan menjadi decision purchasing bagi konsumen maupun caloni nvestor. “Semakin merek populer posisi tawar merek juga semakin tinggi,”katanya di kesempatan yang sama,” katanya.

Untuk itu, kata dia, Majalah Franchise Indonesia melakukan kegiatan survei TOP Franchise & BO Indonesia Most Popular Brand in Digital Media 2021. Dan surveinya sendiri telah dilakukan pada bulan November-Desember 2021 terhadap 1000 merek franchise dan BO yang terdata di redaksi Majalah Franchise Indonesia.

Berdasarkan hasil survei, peraih Top Franchise & BO Indonesia Most Popular Brand in Digital Media 2021 adalah: Indomaret, Amor cakes & Bakery, Bakso Benhil, Oto Bento, Ayam Dadar Bandung, Depo Air Minum Biru, Apotek K-24, Ray White Indonesia, Campina, King Shield, Kumala Laundry, Temu Kamu Coffee, Auto Sehat, Kopi Chuseyo.

Kemudian Tahu Taisi, Crispyku, Kebab Turki Baba Rafi, Ngikan, Nyapii, Menantea, Sempatin, Nyayap, Foresthree Coffee, Burgerax, Madeena Skin Clinic, de WaveTherapy & Reflexology, Kebab Turkiyem, Mie Njerit, Go Flow, Tentang Kopi, Pick Cup, Anak Bakmie, Depo Air Hidup, Orchi, Tentang Pasta, Warteg Kharisma Bahari, Warkop Naik Kelas, Barberpedia, Coffeeetamin, dan Barbertopia.

Editor : Imam Muzakir (imam.muzakir@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN