Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi e-commerce. (ist)

Ilustrasi e-commerce. (ist)

Lima Rekomendasi Platform E-Commerce buat Para Seller

Minggu, 26 Juni 2022 | 09:00 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - Perkembangan teknologi memungkinkan para penjual atau seller untuk mengembangkan bisnis dengan lebih optimal. Melalui platform e-commerce, bisnis bisa tumbuh dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar. 

E-commerce adalah media untuk transaksi pembelian dan penjualan barang secara elektronik atau online. Saat ini, pemilik usaha kecil dan menengah harus mempertimbangkan untuk menerapkan teknologi dan berbagai pendekatan strategi pemasaran digital untuk integrasi yang efisien dan memberikan ruang untuk ekspansi di masa depan. 

Advertisement

Ada banyak pilihan platform e-commerce untuk para seller. Berikut beberapa platform e-commerce yang memberikan fasilitas untuk menunjang proses bisnis online para seller, dikutip dari berbagai sumber.

Baca juga: Startup Fintech IDEAL Rilis Platform Pengajuan KPR Digital   

Pertama, Sirclo, perusahaan teknologi yang bergerak di bidang solusi e-commerce untuk membantu merek kecil, menengah, dan perusahaan untuk menjual produk dan layanannya secara online. Sirclo menawarkan dua kategori jualan online, yaitu solusi entrepreneur (wirausaha) dan Enterprise (perusahaan). Kategori Entrepreneur adalah toko online UMKM untuk berjualan di beberapa platform seperti website, marketplace, dan chat commerce.

Adapun kategori Enterprise adalah layanan e-commerce enabler melalui Sirclo commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui Icecube by Sirclo. Berdiri sejak tahun 2013, Sirclo telah melayani 100 lebih brands untuk mengembangkan bisnis online mereka. 

Kedua, GoStore, platform e-commerce dari GoJek yang didukung oleh Moka yang berdiri sejak 2020. GoStore menyediakan layanan dan fasilitas untuk membuat situs jualan online pribadi yang terhubung dengan jutaan pengguna media sosial. 

Ketiga, Shopify, perusahaan e-commerce multinasional asal Kanada yang sudah digunakan di 175 negara dan telah menghasilkan US$ 496 miliar lebih dalam penjualan menggunakan Shopify.

Baca juga: Siap Rekrut Pegawai Baru, Shopee Indonesia Aman dari PHK 

Keempat, Ecwid, platform e-commerce yang menyediakan fasilitas untuk membuat toko online yang profesional tanpa programmer dan desainerSeller juga bisa mengintegrasikan website bisnis dan aplikasi yang sudah ada dengan Ecwid untuk mempromosikan bisnis dengan lebih optimal lagi. 

Kelima, TokoTalk, platform solusi e-commerce. TokoTalk berkomitmen mendukung kesuksesan seller dari berbagai skala bisnis dalam menjalani kegiatan jualan online end-to-end. TokoTalk terus mengembangkan layanan dan fasilitas bisnis online terbaik untuk para seller, termasuk menyediakan koneksi yang seamless ke semua kebutuhan seller dalam berjualan online. 

TokoTalk menyediakan aplikasi toko online di Android, beragam metode pembayaran (payment gateway) untuk memudahkan pelanggan, menyediakan fitur cash on delivery (COD), fasilitas untuk beriklan di Facebook dan Google untuk mengoptimalkan pemasaran dan promosi, memungkinkan seller berjualan melalui IG Shopping, menyediakan fitur SEO untuk memaksimalkan performa toko online serta meningkatkan jangkauan traffic dan penjualan, fitur WhatsApp Order, di mana seller bisa mengubah chat customer menjadi orderan secara otomatis.

Baca juga: Unilever Agresif Garap Pasar Digital dan Siapkan Portofolio Khusus e-Commerce 

Selanjutnya, cashless shipping, yang membuat pelanggan dapat bayar ongkos kirim dengan poin TokoTalk, integrasi dengan logistik, manajemen order yang komprehensif, perangkat digital marketing, pilihan 100++ template website premium yang bisa dipersonalisasi sesuai dengan brand identity toko, bebas pilih domain sendiri untuk branding toko, cek performa penjualan secara real-time, memiliki fitur StoreLinks, halaman web yang bisa dipersonalisasi untuk mencantumkan lebih dari satu tautan penting dari merchant, dan menyediakan fasilitas belajar bisnis dan manajemen keuangan di TokoTalk Business Academy bersama para ahli yang kompeten. 

Selain itu, seller bisa mulai toko online di TokoTalk secara gratis. Tanpa coding atau pengaturan website yang rumit, toko online bisa dioperasikan dengan mudah dan simpel. 

Hingga saat ini, TokoTalk yang didukung oleh perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Codebrick, telah mendukung dari 700 ribu lebih seller sejak Maret 2018. Bagi yang sedang mempertimbangkan untuk membuat toko online sendiri demi kemajuan bisnis, TokoTalk adalah pilihan yang menguntungkan.

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN