Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno berfoto bersama dengan 18 UMKM Pemenang eKULINER Award, Jakarta, Kamis (28/7/2022).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno berfoto bersama dengan 18 UMKM Pemenang eKULINER Award, Jakarta, Kamis (28/7/2022).

Menteri Sandiaga Uno bersama Paxel Beri Penghargaan “eKuliner Awards 2022”ke 18 UMKM

Jumat, 29 Juli 2022 | 08:46 WIB
Emral Firdiansyah (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan upaya membangkitkan kembali perekonomian masyarakat setelah Pandemi adalah melalui produk UMKM kreatif. Menurutnya, UMKM kuliner yang lebih mudah dan cepat mengembangkan usahanya. Untuk itu, UMKM kuliner perlu didukung agar kembali memberikan kontribusi, seperti tahun 2020 telah menyumbang 41% terhadap PDB ekonomi kreatif.

“Selama pandemi, usaha kuliner terbukti dapat bertahan bahkan bisa berkembang, mampu menggerakkan perekonomian bahkan menyerap tenaga kerja paling banyak. Saya secara khusus mengapresiasi ajang penghargaan “eKuliner Awards 2022” sebagai upaya #PulihBersama mengembalikan semangat pelaku UMKM di Indonesia untuk masuk ke dunia digital dalam memasarkan produknya. Saya berharap dari acara ini akan lahir para juara produk UMKM kreatif dan kuliner kita yang bisa mendunia sehingga dapat menjadi lokomotif pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pasca pandemi. Ujungnya adalah pemberdayaan masyarakat dan UMKM, yang dapat membuka peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya demi kebangkitan ekonomi nasional," ucap Sandiaga.

Advertisement

Sejak eKuliner Awards 2021, Paxel melihat peningkatan pertumbuhan UMKM yang positif. Hal ini diharapkan dapat mendorong program Indonesia Spice Up The World yang digaungkan oleh Pemerintah. “Kami mencatat dalam ekosistem Paxel sendiri setidaknya ada kenaikan jumlah pelaku usaha kuliner sebesar 30% sejak 2021. Angka ini juga diikuti dengan penyerapan tenaga kerja dari sisi UMKM Kuliner sebesar 6 juta pekerja. Hal ini sejalan dengan harapan Pemerintah yang mendorong UMKM go digital, guna meraih omzet yang semakin berlipat,” tutur Co-founder Paxel, Zaldy

Melalui teknologi dan logistik, Paxel telah mewujudkan mimpi UMKM kuliner untuk memasarkan produknya kepada jutaan pelanggan baru se-Indonesia. Zaldy menyebutkan kenaikan omzet UMKM kuliner lewat penjualan online menjadi bukti bahwa pelaku bisnis kuliner saat ini sudah mulai sadar pentingnya melek digital. “Fakta menariknya kami dapati bahwa permintaan produk kuliner banyak berasal dari kota-kota besar seperti Jabodetabek, yang kemudian dikirimkan dari daerah, sehingga ekonomi di daerah sangat terbantu. Dari data Paxel, adanya kenaikan omzet para pemenang eKuliner 2021 senilai 56%. Ini menjelaskan secara tidak langsung bahwa UMKM kuliner di daerah sudah mampu bersaing melalui platform online,” tambahnya.

Sejak 2018 hingga saat ini, Paxel telah memiliki lebih dari 2 juta UMKM Kuliner yang tersebar di seluruh Indonesia dengan kategori makanan beku, makanan segar dan makanan tahan lama, yang didorong melalui layanan sameday delivery dan platform JajanBedaKota, PaxelMarket. Sebagai dukungan kepada UMKM Indonesia untuk kembali bangkit di masa pemulihan saat ini, Paxel kembali menghadirkan penghargaan bergengsi “eKuliner Awards 2022” bagi UMKM kuliner online yang turut didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf).

Berdasarkan data transaksi penjualan UMKM kuliner selama periode 1 Juli 2021 hingga 30 Juni 2022, terdapat 18 UMKM kuliner online dari 10 kota di Indonesia yang mencatatkan jumlah transaksi terbesar dari kota: Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Magelang, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya dan Denpasar. Kategori yang diluncurkan adalah (1) Kuliner makanan beku dari kota besar utama, (2) Kuliner makanan segar dari kota besar utama (3) Kuliner makanan tahan lama dari kota besar utama (4) Kuliner makanan beku dari kota besar lainnya, (5) Kuliner makanan segar dari kota besar lainnya, (6) Kuliner makanan tahan lama dari kota besar lainnya.

Berikut daftar UMKM Kuliner Online pemenang penghargaan “eKuliner Awards 2022”:

1. Spencer Almond Milk – Kuliner makanan beku dari Surabaya

2. Pempek Natasya – Kuliner makanan beku dari Jakarta

3. Bakwan Sowan – Kuliner makanan beku dari Surabaya

4. Lembayung Strawberry – Kuliner makanan segar dari Bandung

5. Spikoe Resep Kuno – Kuliner makanan segar dari Surabaya

6. Bogor Raincake – Kuliner makanan segar dari Bogor

7. Empal Si Babah – Kuliner makanan tahan lama dari Bogor

8. Asinan Gedong Dalam – Kuliner makanan tahan lama dari Bogor

9. Roti Unyil – Kuliner makanan tahan lama dari Bogor

10. Asla Bird Nest – Kuliner makanan beku dari Semarang

11. Tahu Baxo Bu Pudji – Kuliner makanan beku dari Semarang

12. Ayam Pio – Kuliner makanan beku dari Solo

13. Semusim Petai – Kuliner makanan segar dari Malang

14. Poffen – Kuliner makanan segar dari Magelang

15. Lunpia Cikmeme – Kuliner makanan segar dari Semarang

16. Roti Sisir Jogja – Kuliner makanan tahan lama dari Yogyakarta

17. Pia Agung – Kuliner makanan tahan lama dari Denpasar

18. Pie Susu Asli Enaaak - Kuliner makanan tahan lama dari Denpasar

 

Seluruh pemenang berhak mendapatkan hadiah berupa trofi dan seragam chef eksklusif yang diserahkan langsung oleh Menteri Sandiaga Uno, serta review produk kuliner dari influencer dan media. Tidak lupa, Sunlight dan Unilever Professional turut mendukung acara dan memberikan hadiah produk kepada para pemenang.


 

Editor : Emral (emral.box@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN