Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi Carsome

Ilustrasi Carsome

CARSOME Group Rayakan 7 Tahun

CARSOME Indonesia Diproyeksi Berkontribusi 40% pada Pendapatan Grup

Kamis, 4 Agustus 2022 | 12:03 WIB
Fajar Widhiyanto (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id – CARSOME Group Inc (CARSOME), platform ecommerce mobil terintegrasi terbesar di Asia Tenggara, hari ini merayakan ulang tahun ke-7 dengan mencatat pertumbuhan bisnis yang kuat didukung lebih dari 260.000 transaksi, jutaan konsumen yang dilayani melalui platform, dan lebih dari 18.000 mobil terjual setiap bulan di empat pasar utama.

Sejak didirikan pada 2015 di Malaysia dan beroperasi di Indonesia mulai 2019 dengan misi utama memberikan solusi terpercaya, transparan, dan memiliki ragam pilihan bagi konsumen mobil bekas, CARSOME terus menghadirkan inovasi data dan teknologi di pasar mobil bekas serta alternatif bagi konsumen untuk membeli dan menjual mobil bekas mereka. Hingga kini CARSOME terus tumbuh dan berekspansi di regional hingga berhasil menjadi platform ecommerce mobil terintegrasi terbesar di Asia Tenggara.

Advertisement

Menurut Eric Cheng, Co-founder dan Group CEO CARSOME, sepanjang tujuh tahun yang luar biasa ini, tim CARSOME telah meraih banyak pencapaian dan berhasil melewati sejumlah tantangan. “Hingga kini kami terus berupaya memperkuat posisi kami sebagai platform e-commerce mobil terintegrasi terbesar di Asia Tenggara dan saya sangat bangga dengan keberagaman, kekuatan, dan kapabilitas tim kami yang telah mendukung pertumbuhan CARSOME dengan memberikan layanan terbaik bagi konsumen,” kata Cheng dalam pernyataannya, Kamis (4/8/2022).

Ketika memasuki tahun kelima, CARSOME telah membuka operasional di empat pasar utama Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand, dan berhasil menjadi pemimpin pasar di keempat negara tersebut. Pandemi tidak menjadi penghambat pertumbuhan tahun-ke-tahun perusahaan, bahkan bisnis CARSOME di Indonesia diharapkan akan berkontribusi terhadap pendapatan grup hingga 40% pada akhir 2022.

Di tengah pandemi yang berdampak pada hampir semua industri, CARSOME terus memperluas jejak dan meluncurkan bisnis retail di 2020. Sejak membuka Experience Center untuk pertama kalinya di Malaysia, bisnis retail CARSOME telah menjadi bisnis perusahaan dengan pertumbuhan tercepat.

Di Indonesia sendiri, CARSOME Experience Center telah hadir di Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang, dan Depok. Kurang dari dua tahun, grup berhasil mencatat pertumbuhan regional tahun-ke-tahun lebih dari 10 kali lipat. Saat ini kontribusi bisnis retail terhadap pendapatan grup mencapai lebih dari 25% dan diharapkan dapat meningkat sampai 50% dalam jangka waktu menengah hingga panjang.

Seiring ekspansi secara ‘figital’ (fisik dan digital) di regional, saat ini CARSOME telah memiliki lebih dari 120 Inspection Center dan Experience Center di keempat pasar yang saling terhubung dengan pusat logistik regional yang kuat. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang terus meningkat terhadap mobil bekas berkualitas, CARSOME meluncurkan fasilitas perbaikan pertama dan terbesar di regional, CARSOME Certified Lab di Malaysia yang memiliki kapasitas untuk merekondisi lebih dari 2.000 mobil per bulan.

Berangkat dari kesuksesan ini, CARSOME berencana meluncurkan tiga CARSOME Certified Lab baru hingga akhir 2022 untuk memenuhi kebutuhan rekondisi retail di Indonesia dan Thailand.

Sejalan dengan misinya untuk menghadirkan inovasi di ekosistem mobil bekas, CARSOME juga telah berkontribusi terhadap pengembangan tenaga kerja terampil dan terjalinnya kemitraan strategis untuk melayani kebutuhan konsumen dengan lebih baik lagi.

Pada 2021, perusahaan meluncurkan CARSOME Academy di Malaysia, sebuah platform yang menyediakan pelatihan teknis sekaligus jaminan kerja bagi generasi muda. Juni lalu, CARSOME Academy telah hadir di Indonesia untuk semakin meningkatkan tenaga kerja dan peluang kerja otomotif di tanah air. Hingga hari ini, CARSOME Academy secara regional telah memberikan kursus kepada lebih dari 1.500 murid dengan durasi pelatihan lebih dari 6.000 jam.

CARSOME juga telah menjalin berbagai kemitraan untuk memperkuat kepemimpinannya untuk dapat menghadirkan solusi berbasis aset data terintegrasi kepada konsumen. Kemitraan strategis yang sudah dibentuk diantaranya akuisisi iCar Asia, platform jual-beli mobil online terbesar di Asia Tenggara; akuisisi saham ekuitas di PT Universal Collection, perusahaan jasa lelang mobil dan motor offline berbasis di Jakarta dengan cabang di berbagai wilayah di Indonesia; dan kemitraan jangka panjang dengan Adira Finance, salah satu perusahaan penyedia pembiayaan terbesar di Indonesia.

Bersama dengan para mitra strategis, CARSOME saat ini mengelola lebih dari 14 juta pengunjung setiap bulan dengan jaringan lebih dari 20.000 dealer. Juli lalu, CARSOME juga telah menunjuk legenda sepak bola Eric Cantona sebagai brand ambassador. Sebagai salah satu pesepak bola terbaik di generasinya, Cantona dan CARSOME sama-sama memiliki semangat juang yang tak kenal lelah dalam memberikan yang terbaik bagi penggemar sepak bola dan konsumen.

“Di tengah resesi global yang masih berlangsung, kebutuhan mobil bekas di Asia Tenggara tetap tinggi. Di CARSOME, kami sangat optimis dengan keberlanjutan bisnis kami dan pertumbuhan kuat di sektor ini hingga lima tahun ke depan,” papar Cheng.

“Perjalanan CARSOME hingga menjadi seperti sekarang ini sungguh luar biasa. Pengalaman ini membuat kami sangat bersyukur dan terus berupaya untuk menghadirkan solusi bagi konsumen melalui berbagai inovasi pada industri otomotif yang sebelumnya mengadopsi cara-cara konvensional,” tutup Cheng.

Editor : Fajar Widhi (fajar_widhi@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN