Menu
Sign in
@ Contact
Search
Terry Santoso, VP Marketing Platform, Traveloka, menujukkan aplikasi Traveloka usai diskusi media di Jakarta Selatan, Rabu (27/7). Traveloka menghadirkan wajah baru Traveloka Points yang memudahkan konsumen memperoleh serta menukarkan poin yang sudah terkumpul untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup dan perjalanan mereka.

Terry Santoso, VP Marketing Platform, Traveloka, menujukkan aplikasi Traveloka usai diskusi media di Jakarta Selatan, Rabu (27/7). Traveloka menghadirkan wajah baru Traveloka Points yang memudahkan konsumen memperoleh serta menukarkan poin yang sudah terkumpul untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup dan perjalanan mereka.

Traveloka Catat Lonjakan Libur Akhir Tahun di Travel Fair 11.11

Minggu, 20 November 2022 | 23:21 WIB
Fajar Widhiyanto (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id Traveloka, platform perjalanan dan gaya hidup di Asia Tenggara, sukses menggelar pekan promosi bertajuk Traveloka Travel Fair 11.11 pada 4-11 November 2022 lalu, dengan mencatat hampir 1 juta orang berpartisipasi dalam acara ini dan melakukan perencanaan perjalanan akhir tahun 2022.

Melansir data Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO), pariwisata internasional menunjukkan pemulihan yang kuat. Sebanyak 474 juta wisatawan melakukan perjalanan internasional selama periode Januari hingga Juli 2022, dibandingkan pada periode yang sama di tahun 2021 dengan total jumlah 175 juta wisatawan.

Di Indonesia, periode libur Natal dan tahun baru (Nataru), bersamaan dengan libur sekolah pada akhir tahun, kerap dimanfaatkan sebagai momen berwisata oleh masyarakat. Hal ini terefleksi dari data pemerintah yang menyebutkan bahwa potensi mobilitas masyarakat jelang Nataru 2022/2023 diprediksi akan mencapai 22,4% dari total populasi nasional.

Melonjaknya minat masyarakat untuk berlibur akhir tahun turut mendorong kesuksesan dari gelaran Traveloka Travel Fair 11.11. Traveloka mencatat bahwa minat masyarakat terhadap destinasi domestik maupun internasional terus mengalami pertumbuhan, terutama pada destinasi di Asia Tenggara.

Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan minat masyarakat yang tumbuh sebesar 40% untuk melakukan perjalanan ke destinasi internasional favorit, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Kamboja, Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Vietnam, Taiwan, dan Australia.

Beberapa negara tetangga Indonesia di Asia Tenggara, seperti Singapura, Thailand, dan Malaysia, masih menjadi destinasi favorit konsumen karena menerapkan bebas visa dan akses yang mudah dengan berbagai pilihan penerbangan langsung. Namun demikian sejak kuartal III tahun ini, minat masyarakat Indonesia untuk bepergian ke Jepang dan Korea Selatan meningkat signifikan seiring dengan dibukanya perbatasan di kedua negara itu.

Disampaikan Shirley Lesmana, Chief Marketing Officer Traveloka, dengan kondisi global yang semakin pulih dari pandemi, minat untuk melakukan perjalanan semakin menguat. “Sepanjang tahun ini kita sudah mendengar istilah revenge travel, masyarakat di seluruh dunia memiliki keinginan kuat untuk kembali berwisata, begitu pun dengan masyarakat Indonesia,” ujarnya dalam siaran pers, Minggu (20/11/2022). Tidak hanya untuk tujuan domestik, konsumen Traveloka juga turut mengincar destinasi internasional.

Data yang dihimpun dari Traveloka Travel Fair 11.11 menunjukkan bahwa selain berwisata, minat konsumen untuk beraktivitas di luar ruang, melihat atraksi atau mengunjungi taman bermain juga menunjukkan tren positif. Hal ini terlihat dari meningkatnya pemesanan tiket atraksi lokal melalui Traveloka Xperience selama periode Traveloka Travel Fair 11.11 hingga 24%, dibanding periode biasa.

Jenis taman wisata atau atraksi yang digemari oleh konsumen adalah destinasi yang menawarkan beragam permainan untuk seluruh keluarga, seperti Dufan di Jakarta, Jatim Park di Kota Batu, dan Trans Studio di Bandung, hingga Universal Studios di Singapura.

Selain destinasi luar negeri yang mengalami lonjakan peminat, destinasi domestik juga tetap menjadi primadona bagi konsumen Traveloka. Destinasi-destinasi favorit kota besar yang menjadi incaran adalah Bali, Medan, Surabaya, Makassar, dan Jakarta. Menariknya, promosi Traveloka ini juga menunjukkan munculnya minat terhadap destinasi-destinasi wisata yang mulai berkembang, seperti Batam, Pekanbaru, Biak, Mando, Timika, dan Kendari.

Tidak hanya itu, tren staycation yang marak setelah pandemi juga tetap diminati oleh konsumen Traveloka. Staycation merupakan bentuk wisata singkat di berbagai jenis akomodasi, baik di dalam kota, maupun di luar kota. Wisatawan bisa mengakses Traveloka untuk mengetahui fasilitas dan atraksi wisata terdekat dari akomodasi yang dipilih sesuai dengan minat dan kebutuhan.

Editor : Fajar Widhi (fajar_widhi@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com