Menu
Sign in
@ Contact
Search

Penjualan Kanal Digital Naik 39%, Astra Otoparts Perkuat Konsep Omnichannel

Kamis, 12 Jan 2023 | 12:43 WIB
Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Shop & Drive, jaringan ritel modern penyedia layanan servis dan suku cadang kendaraan roda empat berkomitmen memperkuat layanan digital, Shop & Drive Mobile App. Saat ini aplikasi tersebut telah diunduh lebih dari 100 ribu kali, dan mendapatkan rating 4,3 dari ulasan yang diterima.

Retail Division Head PT Astra Otoparts Tbk, David Anthonius, mengatakan, Shop&Drive Mobile App merupakan bagian dari konsep omnichannel yang diterapkan. Shop&Drive melakukan model bisnis lintas saluran yang mengutamakan pengalaman pelanggan secara optimal pada berbagai channel yang dimiliki Shop&Drive, baik melalui online maupun offline.

“Di tahun 2022 kami mengalami kenaikan penjualan sebesar 39% pada ranah digital yang tersebar di beberapa e-commerce pilihan termasuk astraotoshop.com,” ujar David Anthonius dalam keterangan pers, Kamis (12/1/2022).

Dikatakan, hadir di ranah digital, telah membantu meningkatkan awareness Shop&Drive di mata publik. Dan juga kehadiran di e-commerce ternyata membawa dampak yang baik untuk pertumbuhan Shop&Drive.

Advertisement

Baca juga: Begini Strategi Astra Otoparts (AUTO) di 2023

Baru-baru ini Shop&Drive berhasil menyabet penghargaan Top Mobile Application Award untuk kategori aplikasi layanan ganti Aki kendaraan, yang dihadirkan oleh infobrand.id. Penghargaan tersebut diperuntukkan bagi brand-brand di Indonesia yang sukses membangun mobile application, karena menjadi pilihan konsumen dan mendapatkan rating yang baik dari para penggunanya. Penyerahan penghargaan dilakukan dalam award ceremony yang dilaksanakan, Desember 2022.

David mengungkapkan mereknya menjadi pilihan customer di ranah digital berkat rutin menjalankan berbagai aktivitas digital, termasuk bekerja sama dengan e-commerce. Selain itu, Shop & Drive juga aktif mengembangkan aset digital milik sendiri, seperti media sosial (Instagram, Facebook, dan Tiktok), website, dan mobile app sebagai sumber informasi untuk pelanggan, serta melakukan promosi melalui social media advertising.

Strategi itu, lanjut David juga sebagai langkah menghadapi tantangan di ranah digital dan persaingan yang semakin sengit. Kondisi itu membuat Shop&Drive terpacu untuk membuat terobosan-terobosan sehingga customer akan terus loyal kepada mereknya ini. “Jadi hal yang utama dilakukan Shop&Drive adalah dengan terus mengoptimalkan Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), dan social media advertising,” ujarnya.

Baca juga: Blibli Didukung Solusi Omnichannel dan Sinergi Ekosistem yang Terintegrasi

Tidak hanya itu, Lie Se Chiang, Retail Marketing & Business Development Dept. Head PT Astra Otoparts Tbk menambahkan, Shop&Drive saat ini juga sudah mulai memperkuat SEO, memanfaatkan seluruh kanal media sosial sebagai wadah untuk promosi dan melakukan digital campaign, serta menyempurnakan website agar lebih mempermudah customer untuk mendapatkan informasi terkini terkait Shop&Drive.

Aktivitas tersebut juga dilakukan agar Shop&Drive tetap unggul dan populer di tengah peta persaingan digital yang semakin kompetitif. Shop&Drive akan senantiasa menjaga kualitas dan terus berinovasi untuk menerapkan strategi digital yang lebih baik lagi, agar selalu mendapat kepercayaan dan memiliki kesempatan lebih untuk dipilih oleh konsumen.

“Selain itu penggunaan Nano hingga Macro Influencer, WA business, dan portal media online juga akan kami tingkatkan. Di tahun 2023, kami mulai untuk melakukan promosi melalui aplikasi layanan video dan aplikasi musik digital,” papar Lie Se Chiang.

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com