Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sejumlah travel agent menjelaskan kepada pengunjung mengenai layanan berbasis aplikasi Electra di Jakarta, Jumat (19/7/2019)

Sejumlah travel agent menjelaskan kepada pengunjung mengenai layanan berbasis aplikasi Electra di Jakarta, Jumat (19/7/2019)

470 Travel Agent Siap Berikan Layanan Berbasis Aplikasi Melalui Electra

Mardiana Makmun, Sabtu, 20 Juli 2019 | 01:54 WIB

JAKARTA,Investor.id – Sabre Travel Network Indonesia melalui unit usahanya meluncurkan layanan berbasis aplikasi internet, Electra. Layanan ini ditujukan agar dapat mempermudah para pebisnis travel agent melayani pengguna jasa perjalanan korporasi maupun perorangan untuk pemesanan tiket penerbangan, hotel, tur, umroh, pariwisata, dan paket transportasi lainnya.

Direksi Sabre Travel Network Indonesia, Deny Fajar mengatakan layanan dan inovasi aplikasi Electra ini bermula dari banyaknya kendala yang dihadapi oleh para pelaku bisnis travel agent konvensional yang tidak mampu bersaing dengan pelaku online.

“Ada pergeseran perilaku masyarakat dari cara manual ke platform digital ketika memesan tiket perjalanan dan hotel. Tidak mampu bersaing karena beberapa kendala, diantaranya lemahnya visi dan antisipasi strategis pelaku konvensional dalam menghadapi era digital, proses perizinan yang panjang dan rumit, belum lagi diperlukan investasi yang besar untuk dapat membangun sendiri sebuah aplikasi online, dan juga kurangnya pemahaman terkait dengan pola kerja digital marketing,” kata Deny.

Sejak diluncurkan, sebanyak 470 travel agent telah bergabung di aplikasi ini. “Saat ini baru 470 travel agent yang bergabung dari total 4.800 travel agent di Indonesia,” ungkap Deny.

Deny optimistis, kehadiran Electra dapat mendorong industri pariwisata di Indonesia. “Saat ini saja ada 95 juta wisatawan lokal dan 15 juta wisatawan mancanegara. Ke depan kami harap angka ini bisa meningkat lebih banyak lagi dengan layanan yang diberikan para travel agent melalui Electra, sehingga mendongkrak wisata di daerah dan juga UKM-UKM” harap Deny.

Di kesempatan sama, pakar Managemen dan Bisnis Universitas Indonesia, Prof. Rhenald Kasali; mengatakan, ini lah saat yang tepat bagi travel agent konvensional untuk berubah. “Bila tidak berubah dan mengatasi kendala selama ini, bisa mati travel agent. Potensi pasarnya besar dan masyarakat Indonesia saat ini tidak mau ribet dengan pemesan tiket, jadi sudah saatnya berubah dengan inovasi bergabung di e-commerce khusus travel agent,' saran Rhenald.

"Electra” adalah booking engine yang berbasis pada platform E-Commerce. E-commerce ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang diperlukan dalam traveling, seperti online payment, travel insurance, travel cash, hingga pay later berupa dukungan Bank Nasional terhadap kebutuhan pembiayaan yang diperlukan oleh travel agent terutama dalam mengelola klien korporasinya. Semuanya sudah ditanamkan dalam satu platform.

Terobosan yang dilakukan “Electra” tidak hanya berhenti sampai di sini, panjangnya proses perijinan untuk mendapatkan akses online kepada pihak Airlines, termasuk juga proses memperoleh fasilitas pembayaran online pun menjadi lebih sederhana dan cepat melalui “Electra”.

Travel Agent yang mendaftar electra, secara otomatis akan mendapatkan domain website atas nama keagenannya sendiri dalam bentuk mobile apps yang bisa didownload melalui Google Play maupun Apple Store, untuk selanjutnya tinggal dilakukan proses aktivasi sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan, lalu mengisi deposit di akun virtual yang juga sudah disediakan guna melakukan transaksi booking dan issued tiket.

“Kami berharap dengan kehadiran dan kemudahan yang disediakan oleh “Electra” akan membuat para pelaku bisnis travel konvensional memiliki kesempatan dan energi baru guna mengembangkan usaha mereka,” tandas Deny.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN