Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Deklarasi e-commerce Marketplace Go Global oleh perusahaan e-commerce, marketplace, asosiasi, UKM/IKM, perusahaan logistik, disaksikan  Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita usai penandatanganan deklarasi, Minggu (6/10) di Jakarta.

Deklarasi e-commerce Marketplace Go Global oleh perusahaan e-commerce, marketplace, asosiasi, UKM/IKM, perusahaan logistik, disaksikan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita usai penandatanganan deklarasi, Minggu (6/10) di Jakarta.

Kendalikan Impor, Pemerintah Dorong PLB e-commerce

Fajar Widhiyanto, Rabu, 9 Oktober 2019 | 15:29 WIB

Demi mengendalikan banjirnya produk impor di dalam negeri, pemerintah mendorong importir dan eksportir memanfaatkan Pusat Logistik Berikat (PLB e-commerce). Dengan PLB e-commerce maka langkah audit terkait kapasitas produksi perusahaan bisa dilakukan lebih mudah. Berikutnya, lewat kerja sama dengan lembaga terkait seperti Bea dan Cukai, maka volume impor bisa ditetapkan sesuai kebutuhan.

Sejauh ini PT Uniair Indotama Cargo lewat layanan Uniair Cargo Store2go telah mendapat izin sebagai perusahaan PLB e-commerce pertama di Indonesia. PLB e-commerce akan menjadi saluran bagi masuknya barang-barang impor yang dijual melalui platform e-commerce secara legal. Layanan ini juga akan mendukung program Penertiban Impor Beresiko Tinggi (PIBT) yang dicanangkan sejak Juli 2017 oleh Ditjen Bea Cukai agar masuknya masuknya barang e-commerce dapat lebih terseleksi.

Disampaikan Presiden Direktur PT Uniair Indotama Cargo (UIC) Lisa Juliawati, ada alternatif yang ditawarkan kepada para eksportir dan importir IKM – UKM, terutama dalam pemanfaatan bahan baku, yakni ekspor dan impor melalui kawasan berikat yang semuanya dilakukan dengan platform e-commerce sehingga prosesnya bisa lebih mudah. Ia berharap lewat kemudahan yang didapat, maka IKM dan UKM Tanah Air bisa bertumbuh besar.

“Saya ingin IKM dan UKM Indonesia bisa lebih maju dan menjadi pemain kelas dunia, seperti yang dilakukan Jack Ma lewat Alibaba.com,” ujarnya dalam pernyataan yang diterima redaksi (9/10). Ia juga meyakinkan bahwa pengalaman Uniair selama 30 tahun di bisnis one stop logistic services, akan mampu memberikan layanan yang terbaik. “Sejak awal bulan Agustus, kami sudah mulai soft launching PLB e-commerce di Indonesia,” ujarnya.

Salah satu manfaat yang bisa dinikmati IKM dan UKM di Indonesia lewat termasuk bagaimana mengurus cross border e-commerce. Lisa menyebut bulan September dan Oktober adalah masa integrasi sistem di dalam PLB e-commerce, dan dua bulan ini dimanfaatkan sebagai masa sosialisasi bagi para eksportir, importir, dan para pelaku e-commerce, agar memperoleh pengetahuan dan cukup informasi perihal PLB e-commerce.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Engggartiasto Lukita saat berbicara pada kegiatan talkshow “From Local Go Global” di Jakarta, Minggu (6/10) menyebutkan selama ini produk yang dijual oleh pengusaha yang bergerak di bidang perdagangan online adalah produk-produk asing.

Untuk itu ia mendorong agar para pengusaha, khususnya perusahaan berskala kecil menengah, dan mereka yang menjalankan bisnis e-commerce, dapat memanfaatkan platform PLB e-commerce. “Kami ingin kehadiran PLB e-commerce di Indonesia dimanfaatkan oleh para eksportir dan importir, sehingga nantinya kami juga akan mengadakan audit untuk bisa tahu, berapa kapasitas industri perusahaan. Untuk itu kami akan bekerja sama dengan sejumlah kementerian terkait, termasuk Bea dan Cukai, agar volume impor sesuai yang dibutuhkan,” kata Enggar.

Dengan demikian, lanjut Enggar, akan terhindar manipulasi data impor dan kode HS (Harmonized System – HS), dan pada ujungnya volume impor akan bisa dikontrol. PLB e-commerce juga bisa dioptimalkan UKM melalui pemanfaatan gudang berikat, termasuk pengurusan prosedur ekspor dan impor secara e-commerce.

Hal senada juga disampaikan Kepala Kantor Wilayah Bea dan Cukai DKI Jakarta Decy Arifinsjah saat berbicara pada talkshow bertema ‘Ekspor Itu Mudah,’ Senin (7/10). Menurutnya PLB e-commerce bisa membantu pengusaha Indonesia untuk go to the world. “Barang-barang para IKM/IKM akan lebih banyak dikenal di pasar internasional. Karena itu kami mengharapkan branding dari e-commerce ini menjadi lebih luas lagi. Selain itu alur barang keluar dan masuk lewat PLB e-commerce transparan sehingga dari sisi penerimaan bea cukai dapat dihitung dengan benar, informasinya traceable.

Sementara itu Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Bidang Perdagangan Benny Soetrisno dalam kesempatan serupa mengemukakan, eksportir yang ingin menembus pasar ekspor perlu mengetahui dengan pasti selera pasar demi bisa masuk ke negara tujuan.

“Ada hal lain yang harus dikuasai antara lain produk Indonesia itu harus menggunakan bahan baku dari dalam negeri, supaya dalam siklus produksinya dapat diukur berapa kebutuhan bahan bakunya,” kata Benny. Berikutnya pengusaha harus memberikan nilai tambah yang lebih besar, dan menggunakan saranaperdagangan e-commerce.

Pada hari Minggu (6/10), dengan disaksikan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, KADIN Indonesia bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri dan Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional - Kemendag, melakukan peresmian program e-commerce Marketplace go Global, yang diawali dengan penandatanganan deklarasi oleh perusahaan e-commerce, market place, asosiasi, para IKM dan UKM, perusahaan logistik, dan pihak-pihak terkait.

 

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA